Pengertian CPU dan Fungsinya (Central Processing Unit)

mastahteknologi-Pengertian-CPU-dan-Fungsinya

Pengertian CPU

Pengertian CPU adalah Singkatan dari Central Processing Unit. Pengertian CPU adalah komponen utama dari sebuah komputer yang memiliki tugas memproses sebuah instruksi. CPU sendiri menjalankan sistem operasi (OS) seperti contoh Windows dan aplikasi seperti contoh Microsoft Office, kemudian CPU menerima input atau perintah dari pengguna atau program perangkat lunak aktif, memproses data dan dapat menghasilkan sebuah output, yang dapat disimpan oleh aplikasi atau ditampilkan di sebuah layar.
Biasanya CPU setidaknya memiliki satu prosesor, prosesor merupakan sebuah chip yang ada di dalam CPU yang melakukan perhitungan. Selama bertahun-tahun, sebagian besar CPU hanya memiliki satu prosesor, tetapi sekarang sudah umum untuk satu CPU memiliki setidaknya dua prosesor atau "inti proses". CPU yang mempunyai dua core pemrosesan disebut juga dengan CPU dual-core dan CPU model dengan empat core disebut dengan CPU quad-core. CPU kelas atas mungkin memiliki enam (hexa-core) atau bahkan delapan (octo-core) prosesor. Sebuah komputer mungkin juga ada yang memiliki lebih dari satu CPU, yang masing-masing CPU memiliki beberapa core yang berbeda. Sebagai contoh, server dengan dua CPU hexa-core memiliki total 12 prosesor.

Arsitektur prosesor berbeda di beberapa model, setiap prosesor dalam CPU biasanya memiliki ALU (unit aritmatika logika), FPU, register, dan cache L1 masing-masing. Dalam beberapa kasus, core pemrosesan individu mungkin memiliki cache L2 mereka sendiri, meskipun mereka juga dapat berbagi cache L2 yang sama.
BACA JUGA : Koneksi Visual Basic dengan SQLite ADODC

Empat Fungsi CPU

CPU memproses instruksi yang diterimanya dalam proses decoding data. Dalam memproses data tersebut, CPU akan melakukan 4 langkah dasar:
  1. Pertama, Setiap instruksi disimpan dalam memori dan memiliki alamatnya sendiri. Prosesor mengambil nomor alamat ini dari penghitung program, yang bertanggung jawab untuk melacak instruksi mana yang harus dijalankan CPU selanjutnya.
  2. Kedua, semua program yang akan dieksekusi diterjemahkan ke dalam instruksi. Kemudian kode assembly tersebut diterjemahkan ke dalam instruksi biner, sehingga bisa dimengerti oleh CPU.
  3. Ketiga, langkah ini disebut decoding. Saat menjalankan instruksi, CPU dapat melakukan satu dari tiga hal: Lakukan perhitungan dengan ALU-nya, pindahkan data dari satu lokasi memori ke yang lain, atau lompat ke alamat yang berbeda.
  4. Keempat, CPU harus memberikan umpan balik setelah menjalankan instruksi, dan data output ditulis ke memori.

Apa itu CPU dan Fungsinya?

Fungsi utama CPU adalah untuk mengambil input dari perangkat (keyboard, mouse, printer, dll) atau program komputer, dan menafsirkan apa yang dibutuhkannya. CPU kemudian akan menampilkan informasi ke monitor Anda atau melakukan tugas yang diminta periferal.

Sejarah CPU

Pada sejarahnya CPU pertama kali dikembangkan di Intel dengan dibantu oleh Ted Hoff dan lainnya di awal 1970 an. Prosesor pertama yang dirilis oleh Intel adalah prosesor 4004. Di masa lalu atau generasi terdahulu, prosesor komputer menggunakan sebuah angka untuk mengidentifikasi prosesor dan membantu mengidentifikasi prosesor yang lebih cepat. Contohnya, prosesor Intel 80486 (486) lebih cepat dibandingkan dengan prosesor 80386 (386). Setelah pengenalan prosesor Intel Pentium (yang secara teknis akan menjadi 80586), semua prosesor komputer mulai menggunakan nama-nama seperti Athlon, Duron, Pentium, dan Celeron.

Komponen CPU

Dalam CPU, ada dua komponen utama. ALU (unit aritmatika logika) - melakukan operasi matematika, logis, dan pengambilan keputusan. CU (unit kontrol) - mengarahkan semua operasi prosesor.

Selama sejarah prosesor komputer, kecepatan (kecepatan clock) dan kemampuan prosesor telah meningkat secara drastis. Contohnya, mikroprosesor pertama yang dikeluarkan adalah Intel 4004 yang dirilis pada 15 November 1971, Intel 4004 memiliki 2.300 transistor dan menjalankan 60.000 operasi per detik. Prosesor Intel Pentium memiliki 3.300.000 transistor dan melakukan instruksi sekitar 188.000.000 per detik. Saat ini, selain nama prosesor komputer yang berbeda, ada arsitektur yang berbeda (32-bit dan 64-bit), kecepatan, dan kemampuan.

Itulah beberapa pengertian CPU dan fungsinya. Serta sedikit sejarah dari CPU. Namun untuk saat ini orang lebih banyak memakai Laptop karena lebih mudah untk dibawa kemana mana. Namun CPU sendiri masih banyak digunakan karena CPU bisa kita rakit sendiri dan bisa menyesuikan spek nya sesuai dengan kebutuhan.

Salam hangat,
Admin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian CPU dan Fungsinya (Central Processing Unit)"

Post a Comment