Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Informasi Secara Umum : Fungsi, Jenis Informasi

Pengertian Informasi Secara Umum : Fungsi, Jenis Informasi

Pengertian Informasi Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan pengertian Informasi? Secara universal / umum, pengertian informasi secara umum merupakan sekumpulan data ataupun fakta (kenyataan) yang sudah diproses serta dikelola sedemikian rupa sehingga jadi suatu yang gampang dipahami serta berguna untuk penerimanya.

Dari definisi tersebut bisa kita pahami kalau kata “ informasi” mempunyai makna yang berbeda dengan kata “data”. Data merupakan kenyataan atau fakta yang masih mentah ataupun belum diolah, setelah di proses ataupun diolah hingga data itu dapat jadi sesuatu informasi yang berguna.

Tidak seluruh data ataupun sebuah fakta bisa diolah jadi suatu informasi untuk penerimanya. Bila sesuatu data yang diolah nyatanya tidak berguna untuk penerimanya, maka hal tersebut belum dapat dikatakan sebuah informasi.

Secara etimologis sebutan “ informasi” berasal dari bahasa Latin, ialah“ Informatinem” yang maksudnya gagasan atau ide, kode, ataupun garis besar. Informasi bisa disajikan dalam bermacam - macam wujud, mulai dari tulisan, foto, tabel, diagram, audio, video, serta lain sebagainya.

Pengertian Informasi Secara Umum Menurut Para Ahli

Supaya lebih menguasai apa pengertian informasi secara umum, kita dapat merujuk pada komentar dan pendapat sebagian pakar/ahli berikut ini :

1. Raymond McLeod

Bagi Raymond McLeod, pengertian informasi secara umum adalah data yang sudah diolah jadi wujud yang memiliki makna untuk penerima serta berguna dalam pengambilan keputusan saat ini ataupun di masa yang akan datang.

2. Jogiyanto HM

Bagi Jogiyanto Hektometer, pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data ke dalam wujud yang lebih berguna untuk penerimanya yang menggambarkan kejadian - kejadian yang nyata buat digunakan dalam pengambilan keputusan.

3. Lina Sidharta

Bagi Lina Sidharta, pengertian informasi secara umum adalah data yang disajikan dalam wujud yang lebih bermanfaat buat mengambil sesuatu keputusan.

4. George R. Terry

Bagi George R. Terry, pengertian dari informasi adalah sesuatu data (penting) yang membagikan pengetahuan yang bermanfaat untuk penerimanya.

5. Azhar Susanto

Bagi Azhar Susanto, pengertian informasi secara umum adalah sesuatu hasil pengolahan data yang membagikan makna serta sebuah manfaat untuk penerimanya.

Fungsi Informasi Secara Umum

Pengertian Informasi Secara Umum : Fungsi, Jenis Informasi
Paling tidak terdapat 7 fungsi informasi secara umum untuk manusia. Sebagian fungsi informasi adalah sebagai berikut berikut :

1. Jadi Sumber Pengetahuan Baru

Informasi valid yang didapatkan oleh seseorang bisa jadi pengetahuan baru serta menaikkan pengetahuan di bidang tertentu. Misalnya informasi tentang metode menanggulangi permasalahan kesehatan yang didapatkan dari konten di internet.

Bisa jadi informasi tersebut merupakan suatu yang sudah umum serta telah banyak dikenal orang. Tetapi, bisa jadi saja terdapat beberapa orang yang belum mengenali informasi tersebut.

2. Menghapus Ketidakpastian

Minimnya informasi tentang sesuatu hendaklah memunculkan ketidakpastian. Buat menghapus ketidakpastian tersebut sehingga dibutuhkan informasi yang lengkap serta valid dari sumber terpercaya.

3. Selaku Media Hiburan

Informasi pula bisa berperan selaku media hiburan untuk warga masyarakat. Misalnya informasi tentang tempat wisata di suatu daerah yang disajikan dalam bentuk artikel serta gambar yang menarik bagi penerima informasi.

4. Selaku Sumber Berita

Sesuatu informasi tertentu dapat dipakai selaku sumber kabar yang di informasikan kepada khalayak. Misalnya, informasi tentang Berita Terkini yang didapatkan dari media Tv, Radio, serta web kabar online.

5.Untuk Sosialisasi Kebijakan

Pengertian Informasi secara umum merupakan komponen yang sangat penting dalam berbicara dengan pihak lain. Salah satunya merupakan buat mengantarkan sesuatu kebijakan dari pemerintah kepada warga yang dicoba dengan metode sosialisasi.

6. Untuk Mempengaruhi Khalayak

Penyampaian sebuah informasi lewat media massa umumnya dicoba buat pengaruhi khalayak. Misalnya sebuah informasi tentang sesuatu produk lewat Tv yang tujuannya supaya warga memahami serta tertarik buat memakainya dan memilikinya.

7. Menyatukan Pendapat

Di masa media sosial semacam saat ini, sangat gampang buat mengantarkan komentar ke ruang publik. Tetapi, tidak seluruh komentar tersebut cocok dengan kenyataan yang ada.

Terdapatnya informasi yang valid dari sumber terpercaya berguna buat memperhitungkan tiap komentar yang dikemukakan di ruang publik apakah cocok dengan informasi tersebut.

Jenis - Jenis Informasi Secara Umum

Cocok dan sesuai dengan pengertian informasi secara umum yang dipaparkan di atas,  informasi bisa dibedakan jadi 4 jenis atau tipe. Sebagian jenis/tipe informasi adalah sebagai berikut :

1. Informasi Bersumber pada Sifat

Tipe informasi ini bisa dipecah jadi 3 bagian, antara lain :
  • Faktual, ialah informasi yang bersumber pada kenyataan serta bisa dibuktikan kebenarannya.
  • Opini ataupun konsep, ialah informasi yang bersumber pada komentar seorang tentang suatu perihal.
  • Deskripsi, ialah informasi yang terbuat dalam wujud uraian terperinci dari suatu perihal.

2. Informasi Bersumber pada Kegunaan

Tipe informasi bersumber pada manfaat atau kegunaannya bisa dipecah jadi 2 bagian, antara lain :
Informasi yang memberi pengetahuan, ialah informasi yang isinya memberi pengetahuan baru untuk seseorang.

Informasi yang bersumber pada penyajian, ialah informasi yang di diberikan dalam beberapa wujud, misalnya postingan, audio, foto, video, serta yang lain.

3. Informasi Berdasarkan pada Bidang Kehidupan

Ini merupakan tipe informasi yang terbuat dalam sebagian jenis, semacam Informasi Bisnis, Informasi Olahraga,  Informasi Kesehatan, Informasi Pembelajaran serta sebagainya.

4. Informasi Bersumber pada Posisi Peristiwa

Ini merupakan tipe informasi yang bersumber pada posisi sesuatu kejadian. Tipe informasi ini bisa dipecah jadi 2, ialah data dalam negara (dalam negeri) serta data luar negara (luar negeri).

Contoh Informasi

Biasanya penyampaian suatu informasi dilengkapi dengan data ataupun fakta yang sudah diolah. Untuk melengkapi postingan di artikel kali ini saya sertakan contoh informasi. Informasi spesifikasi hp xiomi redmi note 10.
Pengertian Informasi Secara Umum : Fungsi, Jenis Informasi
Dari contoh di atas kita bisa mengenali informasi spesifikasi dari hp xiomi redmi note 10 yang terdapat pada gambar diatas.
Data yang di informasikan antara lain :
  • Model
  • Dimensi
  • Berat
  • Layar
  • Chipset
  • GPU
  • RAM
Informasi di atas bisa dikatakan berguna sebab gampang buat dimengerti oleh penerimanya.

Penutup

Demikianlah pembahasan ringkaspengertian informasi secara umum, fungsi informasi, jenis – jenis informas serta contoh informasi. Mudah - mudahan pembahasan pendek ini berguna bagi pembaca.