Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Android : Sejarah Android dan Versi Android Secara Lengkap

Pengertian Android : Sejarah Android dan Versi Android Secara Lengkap
Pengertian Android

Pengertian Android

Apa itu Android dan fungsinya? Pengertian Android adalah salah satu sistem operasi ataupun operating system berbasis mobile yang sangat banyak di pakai saat ini. Utamanya pada telepon pintar (smartphone) maupun tablet.

Semenjak diperkenalkan pada tahun 2007, Android memiliki sebagian varian ataupun tipe. Yang terkini merupakan tipe OS Android 10 yang diperkenalkan pada 3 September 2019.

Nama tipe kali ini berbeda dengan yang biasanya menggunakan nama - nama santapan penutup, semacam cupcake, nougat, donut dll. Kedepan OS ini akan menggunakan tipe nama berdasarkan pada urutan angka, ialah tipe android 10, 11, 12 serta seterusnya.

Pengertian Android adalah sistem operasi yang dirancang oleh Google dengan basis kernel Linux buat menunjang kinerja sebuah perangkat elektronik layar sentuh, semacam tablet ataupun smartphone. Jadi, android digunakan dengan sentuhan, gesekan maupun ketukan pada layar gadget kamu.

Pengertian Android Menurut Para Ahli

Supaya lebih menguasai tentang pengertian Android ini, kita wajib merujuk kepada komentar atau pendapat para ahli tentang definisi Android. 

Berikut merupakan definisi android menurut para ahli :

1. Teguh Arifianto

Bagi Teguh Arifianto, Android adalah fitur yang bergerak pada suatu Sistem Operasi buat telepon seluler yang berbasis linux.

2. Hermawan

Bagi Hermawan, pengertian Android adalah OS (Sistem Operasi) Mobile yang berkembang ditengah OS yang lain. OS yang lain semacam Windows Mobile, OS i- Phone, Symbian, serta masih banyak lagi tidak hanya itu. Namun, OS yang ini melakukannya dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibentuk sendiri tanpa memandang dari kemampuan aplikasi pihak ketiga.

3. Nazaruddin

Pengertian Android bagi Nazaruddin, Android ialah sistem operasi buat telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform yang terbuka buat para pengembang, agar dapat membuat aplikasi mereka sendiri supaya bisa digunakan di berbagai perangkat. Android umumnya digunakan di Smartphone serta pula di tablet Komputer. Gunanya sama semacam sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple serta BlackBerry OS.

Sejarah Android

Pengertian Android : Sejarah Android dan Versi Android Secara Lengkap
Sejarah Android
Setelah membahas Pengertian Android marilah kita membahas sejarah dari android itu sendiri.  Android ditargetkan untuk pemakaian perangkat kamera digital. Namun, pencipta Android yaitu Andy Rubin dan 2 temannya menilai kalau pasar kamera digital tidak sangat besar.

Sehingga, sistem operasi ini dialihkan penggunaannya pada ponsel pintar atau smartphone. Pada tahun 2004, Android mulai dipasarkan serta berhadapan dengan saingan smartphone berbasis sistem operasi Symbian serta Windows Mobile. Pada saat pemasarannya ini, Andy Rubin serta partnernya susah memperoleh investor.

Sampai pada saat itu Android sukses memperoleh suntikan dana sebesar 10. 000 dolar Amerika dari Steve Perlman, seseorang yang kala itu mau menolong Andy Rubin. Dan Juli 2005, Google akhirnya berhasil mengambil alih Android Inc. dengan dana 50 juta dolar.

Para pendiri Android setelah itu bergabung dengan Google serta menjadi ketua pada proyek ini. Tanpa disangka - sangka, pada tahun 2007, industri Apple merilis iPhone dengan desain smartphone yang nyaris segala permukaannya memakai layar sentuh.

Mulai dari sana, Google memikirkan gimana pertumbuhan smartphone Android buat ke depannya, mengingat prototipe awal mulanya memakai keyboard tanpa layar sentuh sama sekali sesuai dengan pengertian android.

Buat menyaingi iPhone, Nokia serta Balckberry merilis ponsel dengan layar sentuh di tahun 2008. Tidak mau kalah dengan kompetitornya, Google pula merilis ponsel dengan layar sentuh, ialah HTC Dream ataupun T- Mobile G1.

Kelebihan dan Kekurangan Android

Dari pengertian android dan sejarah android, marilah kita membahas kelebihan dan kekurangan android. Android mempunyai kelebihan serta kekurangan tertentu dibanding sistem operasi yang lain, berikut merupakan kekurangan serta kelebihan OS android.

Kelebihan Android

1. Sistem Operasi Open Source

Siapa saja dapat memakainya secara free. Para pengembang dimudahkan dalam memaksimalkan serta meningkatkan OS ini buat smartphone yang dibuatnya.

2. Harganya Beragam

Terdapat yang terbilang lumayan terjangkau, terdapat pula yang mempunyai harga jual mahal. Sehingga, smartphone Android dapat menjangkau seluruh golongan. Tetapi, semakin mahal harga, semakin mumpuni pula spesifikasinya.

3. Mempunyai Banyak Dukungan Aplikasi

Perihal ini pula tidak lepas dari pengertian Android yang disebut sistem operasi Open Source. Pengembang juga diizinkan buat meningkatkan aplikasi berbasis source code dari Android.

4. Gampang dimodifikasi

Banyak komponen yang dapat Kamu atur ulang ataupun dimodifikasi, mulai dari ROM hingga custom overclock pada sistem operasi android. Hal ini dapat mempengaruhi performa ponsel pintar berbasis Android supaya dapat bekerja lebih kilat serta cocok dengan kemauan.

Kekurangan Android

1. Kerja sistemnya lumayan berat

Hal ini menimbulkan banyak memori yang diperlukan, baik RAM ataupun ROM. Untuk smartphone yang mempunyai RAM serta ROM berkapasitas kecil, pasti ini dapat membatasi performanya.

2. Hasil modifikasi kerap menimbulkan sistem bekerja tidak normal serta kurang optimal

Adakalanya hasil modifikasi menyebabkan OS jadi sedikit lelet serta kurang responsif. Nantinya, dapat mempengaruhi pada hardware sehingga jadi mudah panas serta kapasitas memori lebih gampang bocor.

3. Kurang responsif bila disandingkan dengan spesifikasi hardware yang tidak baik

Perihal ini terjadi pada kalanya kapasitas penyimpanan RAM ataupun kecepatan processor yang digunakan rendah.

Perkembangan Android

Pengertian Android : Sejarah Android dan Versi Android Secara Lengkap
Versi Android
Marilah kita lanjutkan pembahasan pengertian android ini ke perkembangan android. Semenjak tahun 2009, Android dibesarkan dengan pemberian nama yang berasal dari santapan pencuci mulut. Tiap pergantian tipe pula menjajaki urutan abjad mulai dari A B C D E serta seterusnya. 

Inilah beberapa nama android mulai dari awal hingga sekarang :

1. Astro 1. 0 (Alpha)

Tipe awal android dirilis 23 September 2008. awal mulanya tipe pertama ini akan dinamai astro tetapi sebab hak cipta, pihak android tidak memakai nama ini secara komersil. Tipe android 1. 0 pernah disematkan pada ponsel tipe HTC dream. 

2. Bender 1.1 (Beta)

Pengertian Android Tipe Bender 1.1 ialah android yang dirilis 9 Februari 2009 mempunyai permasalahan sama semacam tipe 1.0, ialah hak penamaan merek. 

3. Cupcake 1. 5

Pengertian Android Cupcake ialah Tipe ketiga android yang dirilis 27 April 2009. Di tipe ini barulah secara komersil android muncul dengan nama pencuci mulut, Nama cupcake diseleksi jadi nama tipe ini. Fitur baru di tipe ini salah satunya merupakan on-screen keyboard.

4. Donut 1.6

Tipe yang dirilis pada 15 September 2009  ini mempunyai kenaikan pada fitur pencarian serta UI yang lebih user friendly. Donut 1.6 telah menunjang teknologi CDMA/EVDO, 802. 1 x, VPNs. Pada update - an tipe kali ini, android berfokus pada akumulasi pemakaian jaringan serta layar.

5. Eclair 2.0 - 2. 1

Eclair 2.0 - 2. 1 dirilis pada 26 Okttober 2009. Dari tipe inilah hingga saat ini kita memahami fitur navigasi di Google maps, yang pada kesimpulannya mengambil alih guna peta konvensional serta sangat menolong mobilitas warga.

6. Froyo 2.2

Pengertian Android Froyo ataupun disingkat dari frozen yoghurt ialah tipe Android yang diluncurkan pada 20 Mei 2010. Salah satu fitur yang baru di tipe ini merupakan kunci pin pada ponsel serta pemolesan pada sistem - sistem.

7. Gingerbread 2.3

Tipe ini dirilis pada 6 Desember 2010. Dalam tipe ini update lebih banyak dari sisi hiburan, mulai dari format video. Serta yang sangat fenomenal merupakan kamera depaan pada ponsel yang membawa trend gambar selfie atau foto selfie.

8. Honeycomb 3.0/ 3.1

Tipe honeycomb diluncurkan pada 22 Februari 2011. Tipe ini diluncurkan buat pemakaian OS android pada tablet. Tipe ini menunjang multi processor serta akselerasi hardware buat grafis dan virtual buttons. Merek tablet awal yang memakai ini merupakan Motorola Xoom.

9. Ice Cream Sandwich 4. 0

Pengertian Android Ice Cream Sandwich 4.0 ialah android yang diluncurkan 19 Oktober 2011. Fitur yang terdapat di tipe tablet dimasukan ke dalam ICS  4.0 ini, dengan penambahan fitur baru semacam face unlock, aplikasi email serta rekap pemakaian informasi internet.

10. Jelly Bean 4, 1/ 4. 2/ 4. 3

Di tahun 2012, android menghasilkan tipe Jelly Bean. Melalui tipe Jelly Bean ( 4. 1)  google now mulai diperkenalkan, dia berperan buat voice assistent bermacam keperluan.

Pada tipe 4. 2 ada fitur photo sphere buat panorama, daydream selaku screensaver, power control, dsb. Sebaliknya tipe 4. 3 merupakan pemutakhiran dari tipe yang sebelumnya.

11. KitKat 4. 4

Pengertian Android Kitkat ialah Android yang diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2013. Tipe yang tadinya bernama Key Lime Pie ini membawa kenaikan signifikan dalam perihal user experience.

Tipe Kitkat dapat maksimal berjalan pada kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari tipe Android terdahulu. Dianjurkan hardware wajib mempunyai minimun RAM 512 MB.

12. Lollipop 5. 0

Tipe lollipop launching 12 November 2014 serta tersedia lewat over the air (OTA). Update yang sangat menonjol dalam tipe Lollipop ini merupakan User Interface yang didesain ulang serta dibentuk dengan “material design”.

13. Marshmallow 6. 0

Pengertian Android Marshmallow ialah Tipe yang rilis pada tanggal 5 Oktober 2015 dengan menghadirkan sebagian fitur mutahir, antara lain merupakan search bar, perizinan aplikasi serta pula sensor sidik jari.

14. Nougat 7. 0

Tipe nougat menunjukkan perkembangan besar buat android. Fitur - fitur terkini yang muncul antara lain merupakan multi - window yang membolehkan pengguna memakai 2 aplikasi secara bertepatan atau bersamaan, tidak hanya itu dalam tipe ini dirilis pula 63 emoji baru.

15. Oreo 8. 0

Pengertian Android Orea 8. 0 ialah Android yang dirilis pada 21 Agustus 2017 dengan menaikkan lebih banyak fitur multi tasking serta perombakan bagian notifikasi. Pengguna dapat mengendalikan mana saja notifikasi yang mau ditampilkan.

Tampilan UI- nya pula lebih apik serta fresh, dan difokuskan buat mempermudah pengguna mengakses aplikasi serta mencari data.

16. Pie 9. 0

Android tipe 9 yang dinamai Pie diluncurkan pada 6 Agustus 2018. dikutip dari kompas paling tidak terdapat sebagian fitur yang ditambahkan dari tipe pendahulunya antara lain merupakan smart reply dari notifikasi, navigasi berbasis gestur, adaptive battery, digital wellbeing dll.

17. Android 10

Tipe android ini merupakan Android 10. Dia tidak lagi memakai nama dessert ataupun santapan penutup semacam tipe A - P. Salah satu sebabnya merupakan sebab pihak android tidak menemukan nama santapan yang berasal dari awalan Q. 

Penutup

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang pengertian android menurut para ahli, sejarah android, kelebihan dan kekurangan android serta perkembangan android. Saya berharap artikel ini memberikan manfaat bagi yang membaca.