Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN SOFTWARE Adalah : Fungsi, Jenis, Sejarah dan Manfaat Software

Pengertian Software
Dalam artikel ini saya akan mengulas mengenai Pengertian Software, Fungsi Software, Jenis-jenis software dan cohtohnya secara lengkap. Dan juga saya akan menjelaskan pengertian software menurut para ahli. Dalam hal ini, penulis sudah melakukan riset dari berbagai sumber di Google.

Yang akan Anda pelajari pada artikel ini diantaranya sebagai berikut :

  • Pengertian Software 
  • Pengertian Software Menurut Para Ahli
  • Fungsi Software
  • Jenis-Jenis Software dan macam-macam software
  • Sejarah Software
  • Contoh Software
  • Manfaat Software

Mari kita bahas satu per satu :

Pengertian Software Secara Lengkap

Mungkin Anda pernah bertanya, apa yang dimaksud dengan software (perangkat lunak)? Pengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Ada juga yang menyebutkan pengertian software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.

Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user.

Pengertian software atau perangkat lunak dalam ilmu komputer disebut sebagai data yang dapat disimpan secara elektronik. Software adalah sebuah seperangkat program yang sangat dibutuhkan pada peralatan elektronik seperti laptop, komputer atau smartphone.

Definisi software atau aplikasi merupakan seperangkat program ataupun paket yang tidak bisa dijamah sebagaimana mestinya. Software Aplikasi menyediakan komunikasi yang lebih baik antara pc ataupun Komputer serta pengguna. Arti aplikasi sendiri merupakan campuran instruksi untuk melaksanakan tugas tertentu.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Supaya lebih menguasai apa pengertian software, kita bisa merujuk pada komentar para pakar berikut ini:

1. Wiwit Siswoutomo

Bagi Wiwit Siswoutomo, penafsiran aplikasi atau software merupakan nyawa dari suatu hardware ataupun pc sebab tanpa terdapatnya fitur perangkat lunak, sebuah pc hanyalah suatu hardware yang mati serta tidak bisa difungsikan.

2. Roger S. Pressman

Bagi Roger S. Pressman (2002), aplikasi / softare merupakan sesuatu perintah program dalam suatu PC yang apabila dieksekusi oleh usernya maka akan membagikan manfaat atau uotput semacam yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, software berperan memberikan perintah kepada PC supaya bisa berperan secara maksimal dan cocok dengan perintah user.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Bagi Melwin Syafrizal Daulay (2007), pengertian software merupakan sesuatu fitur yang berperan selaku pengatur kegiatan kerja PC serta segala intruksi yang menuju pada sistem PC serta menjembatani interaksi antara user dengan pc.

4. Imam Prayogo Pujiono

Bagi Imam Prayogo Pujiono, penafsiran software merupakan sesuatu program dalam pc yang dirancang sedemikian rupa, yang bila dijalankan dapat membagikan perintah ke pc/ hardware / aplikasi lain dalam rangka menuntaskan suatu tugas, pekerjaan, serta perintah tertentu semacam yang diharapkan oleh user.

5. Wilman dan Riyan

Untuk Wilman dan Riyan, pengertian aplikasi ialah sesuatu fitur operasi kerja yang dapat menjembatani berbagai komponen pada hardware yang memiliki sifat maya (tidak terlihat) tetapi bermanfaat untuk user- nya.

Baca Juga : Pengertian Brainware

Fungsi Software Secara Umum

Melihat dari pengertian software. Pada dasarnya fungsi utama aplikasi / software ialah untuk membuat sesuatu komputer dapat melakukan atau melaksanakan perintah dari user. Mengacu pada pengertian aplikasi yang dipaparkan di atas, terdapat pula sebagian fungsi aplikasi ialah sebagai berikut:

  • Menyediakan fungsi dasar dari sesuatu komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  • Mengatur masing - masing hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara sebagian software yang lain dengan hardware yang ada pada komputer.
  • Perangkat lunak pula berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah aplikasi yang lain ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
  • Software pula dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sesuatu komputer.
  • Dari penjelasan sebagian fungsi perangkat lunak atau software, tidak salah apabila aplikasi dikira sebagai nyawa dari sesuatu komputer. Bagaimanapun pula, sesuatu komputer hanya dapat beroperasi apabila memiliki hardware dan software di dalamnya.

Pengertian Software
Jenis Software

Setelah membahas pengertian software. Meski fungsi utama software ialah sebagai penghubung antara hardware dengan user, pada konsumsi software tampaknya dipecah dalam sebagian jenis. Terdapat pula klasifikasi aplikasi ialah sebagai berikut:

1. Aplikasi Bersumber pada Jenisnya

a. Operating System (sistem operasi)

ialah software yang berperan untuk mengelola serta mengkoordinasikan tiap komponen serta fungsi PC. Sebagian contoh operating sistem merupakan; Windows, Linux, UNIX, DOS.

Beda halnya dengan pengertian software. OS menjamin software yang berbeda sanggup melakukan tugasnya masing - masing, tanpa mengusik satu sama lain. Bisa anda amati kemampuannya dalam mengelola penjadwalan, di mana masing - masing aplikasi yang berjalan bertepatan dapat memperoleh waktu yang lumayan untuk mengfungsikan CPU.

Umumnya, OS cuma berikan ijin pada software untuk mengoperasikan satu aplikasi dalam satu waktu. Tetapi, terdapat sebagian yang jadi multi- tasking operating system ataupun mengijinkan bermacam aplikasi berjalan secara bertepatan atau bersamaan. Tidak butuh berlama- lama, berikut sebagian berbagai OS yang sangat banyak difungsikan di dunia saat ini.

a. Programming Language (Bahasa Pemrograman)

Programming Language (Bahasa Pemrograman) ialah software yang berfungsi selaku pemberi instruksi standar yang mengaitkan sintak serta semantik yang dipakai untuk mendefinisikan sesuatu program aplikasi pc (computer application program). Sebagian contoh Bahasa Pemrograman merupakan; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.

Jenis - jenis bahasa pemograman antara lain:

a. Assembler (perakit):

ialah program yang difungsikan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) ataupun bahasa pemprogaman simbolik jadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik, masing - masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan wujud bilangan biner, namun dengan sesuatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.

Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber (source program) serta hasil terjemahannya dalam wujud bahasa mesin disebut dengan program objek (object program=OBJ). Proses pembentukan program obyek dari program sumber pula menunjukkan catatan kesalahan - kesalahan sintaks (bila terdapat) yang teruntuk oleh pemprogram. Kesalahan ini wajib dibetulkan terlebih dulu saat sebelum di proses lebih lanjut.

b. Compiler

Menterjemahkan tiap instruksi didalam sesuatu program sekalian sama dengan assembler serta menciptakan dengan program objek yang berikutnya di link sehingga menciptakan file exe. contoh software bahasa semacam ini merupakan pascal, c, serta masih banyak lagi.

c. Interpreter

Menterjemahkan instruksi satu persatu serta langsung di proses saat sebelum pc membaca instruksi berikutnya, sehingga tidak dihasilkan program obyek ataupun file exe. Contoh untuk ini merupakan: basic tipe baku, dbase, serta sebagainya.

b. Application Program (Program Aplikasi),

ialah software yang mempunyai fungsi tertentu, misalnya aplikasi untuk presentasi, aplikasi akuntansi, serta lain sebagainya. Sebagian contoh Program Aplikasi merupakan; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice. org, serta yang lain.

2. Aplikasi Bersumber pada Distribusinya

  • Freeware, ialah software yang bisa dipunyai serta difungsikan secara free tanpa batasan waktu tertentu. Umumnya software tipe ini mempunyai fitur yang kurang lengkap serta tidak optimal.
  • Adware, ialah aplikasi yang dapat didapatkan serta difungsikan secara free tetapi dengan kompensasi terdapatnya iklan yang timbul di pc user.
  • Spyware, ialah software yang teruntuk spesial untuk memata - matai seluruh kegiatan pengguna pc. Umumnya aplikasi tipe ini banyak disalahfungsikan, misalnya untuk mencuri informasi dari pc lain.
  • OpenSource, ialah aplikasi yang kode sumbernya bisa dibuka, diubah - ubah, ditingkatkan, serta disebarluaskan. Umumnya aplikasi jenis ini bisa diperoleh secara free serta bisa dibesarkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
  • Shareware, ialah piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara free, umumnya selaku demonstrasi dengan fitur terbatas serta penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).

Pengertian Software
Sejarah Software Komputer

Seperti yang telah dibahas mengenai pengertian software. Saat ini marilah kita bahas mengenai sejarah software. Definisi aplikasi bagi pakar bisa didefinisikan selaku instruksi terprogram yang ditaruh dalam memori pc digital yang ditaruh dalam program untuk eksekusi oleh prosesor. Aplikasi merupakan pertumbuhan terkini dalam sejarah manusia, serta ialah kebutuhan yang mendasar dari masa Data.

Sejarah pengembangan software dimulai saat sebelum terdapatnya pc. Bagi sejarah terdapatnya pc, aplikasi terpaut jauh saat sebelum pc elektronik awal timbul. Selaku penggagas konsep aplikasi, diberikan kepada Charles Babbage yang menghasilkan software pada pertengahan 1800 an.

Tetapi sesungguhnya teori aplikasi awal kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esainya “No komputasi dengan aplikasi ke permasalahan Entscheidung.” Tetapi, kata aplikasi diciptakan oleh matematikawan serta pakar statistik John Tukey pada tahun 1958. John Tukey merupakan pakar Matematika dari Amerika yang mangulas program kalkulator elektronik.

Mengacu pada pengertian software diatas. Alan Turing jadi orang awal yang tiba dengan teori untuk aplikasi pada tahun 1935 serta didaulat selaku penemu aplikasi. Dia yang menimbulkan 2 bidang akademik ilmu pc serta rekayasa software menjadi dikala ini.

Generasi awal aplikasi untuk pc digital program sendiri mulai timbul pada tahun 1940- an. Pada saat itu aplikasi mempunyai instruksi yang ditulis langsung dalam kode biner, yang biasanya ditulis untuk pc mainframe.

Perbedaan software dan hardware

Melihat dari pengertian software. Sebutan aplikasi serta hardware difungsikan baik selaku kata barang serta kata watak. Misalnya, Kamu bisa berkata:“ Perkaranya terletak pada aplikasi,” yang berarti terdapat permasalahan dengan program ataupun informasi, bukan dengan pc itu sendiri.

Perbandingan antara aplikasi serta hardware terkadang membingungkan sebab keduanya sangat tersambung secara kesatuan. Jelas, kala Kamu membeli program, Kamu membeli aplikasi. Namun untuk membeli aplikasi, Kamu butuh membeli disk (hardware) di mana aplikasi tersebut direkam.

Makna kata aplikasi dalam makna yang sangat universal, merupakan seperangkat instruksi ataupun program yang memerintahkan pc untuk melaksanakan tugas - tugas tertentu. Aplikasi merupakan sebutan universal yang difungsikan untuk menggambarkan program pc. Skrip, aplikasi, program, serta serangkaian instruksi merupakan seluruh sebutan yang kerap difungsikan untuk mendeskripsikan pengertian software.

Setelah itu, bahasa program terus tumbuh dengan kemajuan era saat ini. Terus berkembangnya teknologi hingga aplikasi juga turut berkembang.

Contoh Software ataupun aplikasi

Terdapat banyak sekali contoh aplikasi yang dipakai oleh owner pc untuk kegiatannya tiap hari, baik itu aplikasi free ataupun yang berbayar sesuai pengertian software yang telah kita bahas. Ada pula sebagian contoh aplikasi seperti berikut :

Operating System

a. Microsoft Windows

Operating System yang diciptakan oleh Microsoft Corporation ini memakai antarmuka berbasis Graphical User Interface (GUI). Tipe awal dari OS ini merupakan Windows Graphic Environment 1.0, sebaliknya tipe mutakhirnya yakni Windows 10. Dia memiliki banyak kelebihan, di antara lain user friendly, instalasi aplikasi lebih gampang, memiliki banyak sokongan driver serta masih banyak lagi. Tetapi, harga lisensi Windows terbilang mahal serta sistem keamanannya kurang optimal.

b. UNIX

Dia tercantum salah satu produk yang diciptakan oleh Dennis Ritchie serta Ken Thompson. Penamaan sistem operasi yang digarap mulai tahun 1965 oleh ATT( American Telephone and Telegraph), GE (General Electric) serta MIT (Massachusetts Institute of Technology) dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service) ini diusulkan oleh Peter Neuman. 

UNIX didesain sedemikian rupa biar jadi OS yang portable, multi- tasking serta multi- user (dapat dioperasikan oleh banyak pengguna). Dia dibesarkan dengan bahasa C, sehingga mempunyai kesamaan dengan DOS. Dia pula ialah OS yang nyaman sebab untuk melaksanakan pengaksesan, direktori, file, user dan group wajib memiliki ijin tertentu. Berkat sokongan dari proyek GNU, dia tumbuh jadi LINUX.

c. Macintosh Operating System

Pengertian software Macintosh Operating System disebut pula dengan Mac OS, dia dirancang secara spesial untuk komputer - komputer Macintosh. Sistem operasi awal yang mengfungsikan GUI ini diluncurkan pada tahun 1984. Dia sangat sesuai untuk users yang mengutamakan eye- candy. Tidak hanya itu, tingkatan keamanan Macintosh pula amat besar serta susah ditembus virus. Tetapi, dapat dikatakan dia sangat pas dipakai oleh para desainer grafis serta kurang sesuai bila cuma difungsikan selaku aplikasi server dan untuk bermain permainan.

d. Linux

Apabila dilihat dari segi konsumsinya, sistem operasi yang generasi dari UNIX ini lumayan terkenal di golongan pengguna. Dalam dunia pemasaran sendiri, dia bersaing dengan Microsoft Windows serta Macintosh. Sama semacam si Linux pula dijalankan oleh satu ataupun lebih Command Line Interface (CLI) yang berbasis bacaan serta GUI (bawaan tipe desktop).

Linux termasuk open source alias leluasa bayaran serta user friendly. Dia pula normal dalam pemakaian jangka panjang dan tidak mudah terinfeksi virus. Tetapi, banyak di antara users yang belum terbiasa dengan OS tersebut. Terlebih, proses penginstalannya tidak semudah Microsoft Windows.

Aplikasi Pengolah Kata

Pengertian software Pengolah Kata, ocok namanya, program ataupun aplikasi ini difungsikan untuk kebutuhan tulis menulis. Sebagian contohnya, ialah :

a. Lotus Word Pro

Teruntuk oleh International Business Machine( IBM), aplikasi ini memiliki kelebihan, filenya dapat dibuka dan disunting mengenakan Microsoft Word. Dia pula dilengkapi sarana Helpful Menu Finder yang manfaatnya untuk menolong menciptakan instruksi- instruksi yang cocok dengan Microsoft Word serta Word perfect.

b. OpenOffice Writer

Aplikasi berlisensi free (freeware) ini merupakan multiplatform alias bisa dijalankan pada bermacam sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, Unix, Mac OS serta Solaris. Fitur yang dipunyai seragam dengan Microsoft Word, sehingga pengguna baru tidak kesusahan untuk memanfaatkannya. Informasi teruntuk lewat OpenOffice Writer juga dapat dibuka serta diedit di Microsoft Word, begitu kebalikannya.

c. Star Office Writer

Sama halnya dengan Open Office Writer, program ini pula merupakan multiplatform. Dia sanggup mengkonversi file dari Microsoft Word serta Word Perfect. Tidak hanya itu, di dalamnya ada banyak contoh memo, pesan, fax, resume dan dokumen.

d. Corel Wordperfect

Keunggulan aplikasi Wordperfect terletak pada biayanya yang lebih murah dibandingkan Microsoft Word. Dia pula dapat membaca file dari program tersebut. Tetapi, kekurangannya, ialah membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih besar, minimun Pentium III dengan memory 128 MB.

e. Microsoft Word

Kamu tentu tidak asing dengan aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation ini. Pengertian Software Microsoft Word umumnya sepaket dengan program Microsoft Office lain, semacam Excel, Power Point serta sebagainya. Aplikasi tersebut bawa banyak kelebihan, mulai dari konsumsinya yang gampang( user friendly), fitur lengkap serta dapat dipakai untuk membuat bermacam berbagai dokumen, antara lain novel, pesan, publikasi dan foto simpel. Tetapi, satu aplikasi Microsoft Word wajib diinstal untuk satu pc. Pengguna juga wajib membayar lisensi yang tidak murah.

Aplikasi Pengolah Angka

Pengertian Software Pengolah Angka adalah Program ini difungsikan untuk mengerjakan seluruh perihal yang berhubungan dengan angka ataupun perhitungan. Dia bisa menciptakan jawaban atas rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Nah, di bawah ini sebagian contoh aplikasi pengolah angka( spreadsheet) yang lumayan terkenal :

a. Kspread

Aplikasi pengolah angka tersebut merupakan leluasa terbuka( open source) serta multiplatform. Dia mempunyai tampilan yang dilengkapi menu serta navigasi, sehingga gampang difungsikan. Kelebihan yang lain, ialah Kspread sanggup menyusunkan angka, melaksanakan perhitungan sampai lebih dari 100 fungsi serta dapat muat banyak lembar kerja dan tabel dalam satu dokumen.

b. Star Office Calc

Tidak berbeda dengan Kspread, program yang teruntuk oleh Sun Micro System ini pula merupakan multiplatform. Dia bisa mengidentifikasi dan mengklarifikasi data- data pada lembar kerja untuk diterjemahkan ke dalam wujud grafik. Tidak hanya itu, Star Office Calc sanggup mengkonversi file ke dalam dokumen Excel.

c. OpenOffice Calc

Satu lagi aplikasi yang merupakan open source serta multiplatform nan bermanfaat untuk mencerna angka. OpenOffice Calc yakni aplikasi freeware, sehingga siapa juga dapat menginstal serta mengoperasikannya tanpa wajib membayar lisensi. Dia mempunyai user interface yang mirip dengan Microsoft Excel, paling utama penempatan menu- menu serta toolbarnya.

d. Lotus 123

Dia masih satu keluarga dengan Lotus Word Pro. Keunggulannya, ialah Lotus 123 mempunyai fitur yang lengkap serta sanggup bertukar dokumen dengan Microsoft Excel.

e. Microsoft Excel

Pengertian Software Aplikasi yang satu paket dengan Microsoft Word ini memiliki tampilan nan user friendly, dilengkapi menu- menu standard serta fitur yang diperlukan untuk pengolahan angka. Sebab merupakan shareware, pengguna wajib membayar lisensi biar dapat melakukannya.

Aplikasi Antivirus

Sering disebut Virus Protection Aplikasi, aplikasi ini berperan selaku pendeteksi serta penghapus virus dari sistem pc. Dia dapat memastikan, apakah suatu Komputer sudah terinfeksi virus ataupun tidak. Biasanya, aplikasi tersebut bekerja dengan metode memindai seluruh berkas yang diakses, baik dibuka, ditaruh ataupun dimodifikasi.

Tidak hanya kedua fungsi yang disebutkan, dia pula berikan proteksi serta keamanan terhadap data- data dalam pc dari serbuan virus. Sehingga, pengguna tidak takut kala mau menaruh file- file berarti mereka. Terdapat sebagian antivirus yang banyak dipakai oleh users, semacam Smadav, AVG, Avira, BitDefender, Norton, McAfee Secure serta lain- lain.

PENGERTIAN SOFTWARE Adalah : Fungsi, Jenis, Sejarah dan Manfaat Software
Manfaat Software

Setelah kita membahan pengertian software secara lengkap, selanjutnya marilah kita bahas manfat software. Aplikasi merupakan sesuatu software yang bisa dijalankan pada hardware semacam pc, hp, serta hardware lain yang menghubungkan dengan user. Manfaat aplikasi itu sendiri ialah selaku sistem yang bisa bermanfaat untuk manusia selaku user dalam mempermudah pekerjaannya. Semacam halnya sistem operasi yang tercantum ke dalam aplikasi ataupun software bermanfaat untuk mengelola sumber energi hardware.

Dengan terus menjadi berkembangnya hardware, hendak diiringi oleh pertumbuhan aplikasi untuk mengimbangi kebutuhan aplikasi terhdap hardware. Pertumbuhan aplikasi yang sangat kilat ini tidak lepas dari banyaknya aplikasi yang merupakan open source yang bisa dibesarkan oleh para pengembang, semacam Google yang sediakan dari sebagian produknya (Google Maps, Google Translate, serta lain- lain) yang bisa dibesarkan oleh pengembang sehingga terus menjadi terkenal. Dengan banyaknya pihak pengembang ataupun programmer ini terus tingkatkan pertumbuhan aplikasi baik yang merupakan komersil ataupun yang sifatnya freeware.

Tidak sedikit orang ataupun industri yang mengfungsikan pengembangan aplikasi selaku mata pencaharian ataupun sumber pemasukan. Aplikasi yang merupakan komersil dibedakan jadi 3 segi kebutuhan, ialah:

Aplikasi selaku produk. Ialah manfaat aplikasi dijadikan suatu produk yang bisa dijual kepada warga ataupun industri yang memerlukan. Misalnya: sistem kasir, sistem pos( Point of Sale), sistem keuangan, serta lain- lain. Sistem tersebut merupakan paten yang teruntuk oleh industri tertentu yang setelah itu dijadikan produk dari industri tersebut yang bisa dijual kepada industri lain yang memerlukan.

Umumnya produk aplikasi ini diberi nama yang dijadikan trend ataupun karakteristik khas dari industri tersebut. Misalkan dari industri Bitncode, seluruh produk aplikasi yang teruntuk diberi nama Bit, Ialah: BitFinance, BirKasir, BitAbsensiOnline, serta lain- lain. Manfaat aplikasi selaku produk ini sudah diterapkan di Jepang, serta negara- negara barat.

Pengertian software Aplikasi selaku bisnis ialah bisnis yang dicoba dengan menghasilkan suatu aplikasi yang bisa membagikan pemasukan dari aplikasi tersebut lewat jalan bisnis. Aplikasi yang teruntuk lebih pada pendekatan membagikan layanan ataupun jasa yang bisa dimanfaatkan oleh pihak lain dengan membayar license ataupun sewa.

Aplikasi selaku proyek. Ialah seseorang orang/ perorangan ataupun sesuatu industri yang menjadikan aplikasi cuma selaku proyek untuk memperoleh pemasukan. Pemakai aplikasi cuma hendak memakai aplikasi kala terdapat permintaan dari user. Serta kala aplikasi sudah berakhir, berakhir pula aplikasi tersebut selaku aplikasi kepunyaan pembeli.

Manfaat aplikasi selaku proyek ini banyak diterapkan di Indonesia. Seperti itu sebabnya aplikasi di Indonesia sulit tumbuh. Umumnya yang memakai aplikasi selaku proyek ini merupakan mahasiswa serta aplikasi house. Mereka tidak membuat aplikasi selaku produk mereka, melainkan membuat aplikasi kala terdapat permintaan dari user. 

Penutup

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian software beserta fungsi dan jenis-jenis software yang paling umum difungsikan oleh pengguna komputer. Penulis berharap artikel di atas dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.