Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN KOMPUTER Adalah : Fungsi, Jenis, Komponen, Sejarah dan Manfaat Komputer

PENGERTIAN KOMPUTER Adalah : Fungsi, Jenis, Komponen, Sejarah dan Manfaat Komputer
Pengertian Komputer Secara Lengkap
Pada artikel ini saya akan mebahas mengenai Pengertian Komputer secara lengkap. Dan juga saya akan menjelaskan pengertian komputer menurut para ahli.

Nah, yang akan Anda pelajari diantaranya sebagai berikut :
  • Pengertian Komputer Adalah
  • Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
  • Fungsi Komputer
  • Komponen Komputer
  • Jenis-Jenis Komputer
  • Sejarah Komputer
  • Perkembangan Komputer
  • Manfaat Komputer
Mari kita bahas satu per satu :

Pengertian Komputer secara lengkap

Apa arti komputer itu? Secara umum, pengertian komputer adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk mengolah sebuah data  sesuai dengan perintah yang sudah ditentukan sehingga dapat menghasilkan sebuah infromasi untuk pengguna.

Definisi komputer adalah sebuah alat yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung dan membentuk sebuah sistem kerja. Sistem dalam komputer tersebut dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan program yang diperintahkan dan dapat menghasilkan informasi berdasarkan data program yang ada.

Secara umum komputer terbagi menjadi 3 elemen, diantaranya adalah :
  1. Hardware (Perangkat Keras) berupa RAM, Harddisk, Processor, Motherboard dan CPU.
  2. Software (Perangkat Lunak)  berupa sebuah Sistem Operasi dan aplikasi yang akan bekerja sesuai dengan perintah pengguna.
  3. Brainware (Pengguna Komputer) adalah yang menggunakan komputer atau operator komputer.
Sederhananya pengertian komputer adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung aritmatika. Sesuai dengan arti kata “Computare” itu sendiri yang artinya menghitung.

Pengertian komputer menurut para ahli

Berikut ini beberapa pengertian komputer menurut para ahli. Bisa digunakan untuk menambah informasi Anda mengenai komputer.

1. Williams & Sawyer

Wiliams & Sawyer memberikan pendapat bahwa definisi komputer adalah sebuah mesin serbaguna yang bisa diprogram, menerima data berupa fakta ataupun gambar dan bisa memproses atau memanipulasi data ke dalam sebuah informasi yang bisa digunakan.

2. Robert H. Blissmer

Robert H. Blissmer memberikan pendapat bahwa pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menjalankan beberapa tugas sperti menerima input, memproses input, menyimpan sebuah perintah dan dapat menghasilkan sebuah output yang berbentuk informasi.

3. Wiliam M. Fuori

Wiliam M. Fuori memberikan pendapat bahwa pengertian komputer adalah sebuah alat yang dapat memproses data, dapat melakukan sebuah perhitungan secara cepat, seperti perhitungan aritmatika, operasi logika dan tanpa ada campur tangan manusia.

4. Donald H. Sanders

Donald H. Sanders memberikan pendapat bahwa pengertian komputer adalah sebuah sistem elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi sebuah data secara cepat dan tepat, dirancang untuk dapat otomatis menerima data, menyimpan data dan memproses data sehingga menghasilkan sebuah output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan dalam sebuah memori.

5. V. C. Hamacher

V. C. Hamacher memberikan pendapat bahwa definisi komputer adalah sebuah mesin elektronik yang dapat menghitung secara cepat dan bisa menerima sebuah informasi input berupa digital, lalu diproses sesuai dengan program yang sudah tersimpan dalam memorinya, sehingga dapat menghasilkan sebuah output berupa informasi.

6. Robert H. Blissmer

Robert H. Blissmer memberikan pendapat bahwa pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, sperti menerima input, memproses input sesuai dengan perintah yang sudah diberikan, lalu menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, dan menyediakan sebuah output berupa informasi.

Itulah beberapa pengertian komputer menurut para ahli. Dari ke enam pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa intinya arti komputer itu sebuah mesin yang bertugas sebagai penerima perintah, pemroses dan menyediakan output atau hasil sebuah informasi.

Fungsi Komputer

Meninjau dari pengertian komputer. Sebenarnya fungsi komputer itu ada banyak apabila disesuaikan dengan kebutuhan. Namun yang akan saya bahas pada artikel ini adalah lima dasar fungsi komputer yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah ke lima dasar fungsinya :

1. Data Input

Komputer berfungsi sebagai penerima sebuah informasi atau data dari sumber lain. Kemudian data tersebut diterima melalui aktivitas pada komponen komputer seperti keyboard dan mouse dari komputer lain atau komponen lainnya.

2. Data Processing

Fungsi utama komputer adalah untuk mengolah sebuah data sehingga dapat menghasilkan output berupa sebuah informasi. Pada umumnya data yang diolah di dalam komputer berbentuk sebuah teks atau tulisan, grafik, gambar, audio, video dan lainnya.

3. Data Output

Fungsi komputer adalah sebagai data output adalah untuk menghasilkan sebuah output atau sebuah informasi setelah melalui pengolahan data. Informasi tersebut dapat ditampilkan melalui monitor, printer dan speaker.

4. Data Storage

Komputer berfungsi sebagai tempat penyimpanan sebuah data agar dapat ditemukan dengan mudah dan untuk digunakan kembali. Data tersebut disimpan di dalam memori internal komputer atau dalam memori eksternal.

5. Data Movement

Pengertian komputer sudah saya jelaskan. Pada Data Movement fungsi komputer adalah sebagai pemindah data dari satu komputer ke komputer lain atau dari alat output lainnya.

Komponen Komputer

PENGERTIAN KOMPUTER Adalah : Fungsi, Jenis, Komponen, Sejarah dan Manfaat Komputer
Komponen Komputer
Setelah membahas pengertian komputer dan fungsinya. Mari kita bahas komponen dalam komputer. Pada dasarnya komputer terdiri dari beberapa komponen yang dijadikan satu menjadi sebuah perangkat. Komponen dalam komputer dibagi menjadi tiga kelompok. Adapun komponen komputer tersebut diantaranya adalah :

1.  Komponen Input

Komponen ini adalah sebuah komponen hardware yang berfungsi sebagai pemberi perintah atau tugas yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen input tersebut diantaranya adalah :
  • Keyboard, berfungsi untuk memberikan input berupa alfanumerik, interpretasi ASCII dan lainnya.
  • Mouse dan Trackpad, berfungsi sebagai alat penghubung brainware (pengguna) dengan layar monitor.
  • Pen (digunakan untuk layar sentuh), fungsinya hampir serupa dengan mouse namun bentuk nya menyerupai pena.
  • Scanner, merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memindai suatu gambar yang akan dimasukkan ke dalam sebuah sistem komputer dalam bentuk softfile.
  • Microphone, merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai input data dalam bentuk audio.

2. Komponen Proses

Komponen proses berfungsi sebagai pengolah data atau memproses suatu perintah yang diberikan oleh pengguna (brainware) lalu ditampilkan pada komponen output berupa informasi.
Adapun komponen proses diantaranya adalah :
  • Processor, merupakan komponen utama yang bertugas untuk memproses dan mengolah data.
  • Motherboard, merupakan komponen penghubung yang bertugas sebagai penghubung berbagai komponen lainnya dalam komputer.
  • Hard Disk, merupakan komponen storage yang bertugas untuk menyimpan sebuah data yang sifatnya permanen, misalnya sistem operasi dalam komputer.
  • RAM, merupaan komponen memori yang bertugas untuk menyimpan beberapa aktivitas komputer secara sementara.

3. Komponen Output

Komponen output merupakan komponen yang berfungsi sebagai penampil informasi dari perintah yang sudah diproses pada sebuah komputer.
Adapun komponen output diantaranya adalah :
  • Monitor, merupakan komponen komputer yang bertugas menampilkan proses yang sedang dikerjakan pada sebuah komputer.
  • Printer, merupakan komponen yang digunakan untuk mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, merupakan komponen yang menghasilkan output berupa suara atau audio.

Jenis-jenis Komputer

Setelah membahas mengenai pengertian komputer dan komponennya. Mari kita bahas komputer dan jenisnya. Komputer dibedakan menjadi tujuh jenis komputer. Adapaun jenis-jenis komputer diantaranya adalah :

1. Komputer Portabel

Merupakan jenis komputer yang dapat dibawa kemana saja, dan penggunaannya untuk keperluan di lapangan yang mengharuskan untuk berpindah-pindah tempat. Jenis komputer ini cenderung lebih berat dan besar dari laptop pada umumnya.

2. Komputer Desktop

Sesuai dengan namanya, jenis ini adalah komputer yang biasanya berada di atas meja. Komputer jenis ini memiliki sebuah CPU yang terpisah dengan monitor dan keyboard.

3. Komputer Palmtop

Merupakan komputer yang bentuknya kecil dan bisa digenggam oleh tangan. Komputer jenis ini sudah jarang digunakan semenjak ditemukannya Smartphone. Karena mungkin dinilai lebih efisien menggunakan smartphone.

4. Komputer Tower

Merupakan komputer yang bentuknya lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis dekstop dan biasanya diletakkan di samping meja. Komputer jenis ini dapat diberi tambahan perangkat pendukung dikarenakan memiliki sebuah expansionslot.

5. Komputer Notebook

Merupakan jenis laptop namun ukurannya lebih tipis. Biasanya banyak digunakan oleh pelajar maupun pengajar dan peneliti yang membutuhkan komputer yang ringkas, ringan dan dapat dibawa kemana-mana.

6. Handbook (Sub-notebook)

Merupakan jenis notebook namun ukurannya lebih kecil dari notebook. Biasanya handbook memiliki sebuah processor dengan spesifikasi rendah.

7. Komputer Laptop

Merupakan sebuah komputer yang biasanya dapat diletakkan pada pangkuan penggunanya dan ringan untuk dibawa kemana saja. Komputer jenis laptop memiliki sebuah CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu dalam satu perangkat dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Sejarah Komputer

PENGERTIAN KOMPUTER Adalah : Fungsi, Jenis, Komponen, Sejarah dan Manfaat Komputer
Sejarah Komputer
Seperti yang telah dibahas diatas mengenai pengertian komputer dan perangkatnya. Saatnya kita masuk pada pembahasan Sejarah komputer yang berkaitan erat dengan perhitungan aritmatika. Dulu komputer hanya berfungsi sebagai alat bantu hitung.

Pakar matematika Charles Babbage dari Inggris ialah orang pertama yang berani mengirimkan surat kepada para ahli di kerajaan Inggris untuk dapat mengembangkan sebuah alat hitung mekanik bernama komputer tersebut.

Ide tersebut di tuangkan dalam bentuak sebuah surat yang diberi judul “Catatan Tentang Penggunaan Mesin penghitungan Astronomi dan sebuah Tabel Matematika”. Kemudian surat tersebut dia kirim pada tanggal 14 Juni 1822.

Sejarah Komputer mulai dari Ide atau gagasannya tersebut di latarbelakangi dari permasalahan orang-orang pada masa itu yang sering melakukan kesalahan dalam menghitung meskipun telah dibantu menggunakan sebuah tabel matematika. Sehingga Charles ingin mengembangkan sebuah mesin hitung mekanik yang terinspirasi dari mesin hitung yang dibuat oleh Gottfried Leibniz, Blaise Pascal dan Wilhelm Schickard.

Mengacu pada pengertian komputer diatas tadi. Charles sangat berupaya mengembangkan mesin komputer tersebut agar komputer dapat di program oleh manusia. Namun ada kendala yang membuat Charles tidak selesai dalam mengerjakannya. Kemudian dilanjutkan oleh anaknya. Salah satu bagian mesin differensial yang sudah dirakit oleh putra Charles kini dapat dilihat di Museum Sains London.

Selain putranya yang merakit komputer dan mengembangkan komputer, ide tersebut juga dikembangkan oleh berbagai pihak sampai akhirnya menjadi komputer canggih yang kita kenal dan kita gunakan saat ini.

Begitulah sejarah komputer secara singkat. Dimana komputer menjadi canggih seperti saat ini melalui proses yang panjang. Mungkin pada masa yang akan datang kecanggihan komputer dapat lebih berkembang lagi.

Perkembangan Komputer (Generasi Komputer)

Mengacu pada pengertian komputer dan sejarahnya. Perkembangan komputer dimulai dari komputer generasi pertama hingga komputer generasi ke lima. Penjelasan kelima generasi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama berkembang dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer generasi pertama adalah komputer ENIAC atau kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Pengertian komputer ENIAC adalah komputer yang dikembangkan oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk sebuah kepentingan menghitung sebuah tabel tembakan senjata di Laboratorium Persenjataan.

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dirancang dan dikembangkan oleh professor asal Universitas Pennsylvania Amerika Serikat. Yang bernama Prof. John Presper Eckert dan Prof. John W. Mauchly. Kemudian mesin tersebut diluncurkan pada tanggal 15 Februari 1946.
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) menggunakan sekitar 17 ribu tabung vakum, 7 ribu lebih diode Kristal, 1.500 pemancar, 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, dan 5 juta sambungan yang disolder manual dengan tangan.

Tabung vakum dapat menghasilkan panas yang berlebih, sehingga dinilai kurang efesien dan kurang efektif. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana panasnya apabila kita berada di dekat ENIAC. Selain itu juga tentunya membutuhkan asupan listrik yang sangat besar untuk pengoperasian komputer ENIAC ini.

Berat ENIAC mencapai 27 ton dan ukurannya mencapai 2,4 meter x 0,9 meter x 30 meter. ENIAC memerlukan luas ruangan sekitar 167 m² dan memerlukan daya listrik yang dipakai sebesar 160kW. Bandingkan dengan sebuah komputer atau laptop yang banyak kita pakai seperti saat ini. Tentunya sangat jauh sekali perbedaan ukurannya.

Kemampuan komputer ENIAC saat itu juga terbatas hanya pada satu masalah dalam satu waktu dan ENIAC hanya menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh mesin komputer itu saja. Pada ENIAC input atau sebuah perintah dimasukan dengan membuat sebuah lubang pada sebuah kartu atau disebut juga punched cards diatas sebuah pita kertas dan dapat menghasilkan output berupa print out.

Komputer Generasi Kedua

Komputer generasi kedua berkembang pada era tahun 1959 hingga 1965. Pengertian komputer generasi kedua adalah komputer yang pada masa tersebut telah muncul transistor sebagai pengganti tabung vakum pada komputer generasi pertama.

Transistor adalah sebuah alat semikonduktor yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Ukuran transistor lebih kecil dari tabung vakum dan panas yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan tabung vakum. Transistor dapat membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dibandingkan komputer generasi sebelumnya.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada era ini semakin maju dan berkembang. Bahasa mesin dari generasi sebelumnya beralih ke bahasa simbol. Sehingga programmer dapat memberikan sebuah instruksi dengan menggunakan kata-kata dan bukan lagi menggunakan symbol titik-titik hitam.

Adapun bahasa pemrograman yang berkembang pada saat itu ada bahasa pemrograman “Common Business-Oriented Translator” (CBOL) dan “Formula Translator” atau FORTRAN.  Perubahan ini membuat kinerja komputer menjadi lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Komputer Generasi Ketiga

Pengertian komputer generasi ketiga dan sejarahnya. Komputer generasi ini diawali pada tahun 1965 hingga 1971. Pada generasi ini ditandai dengan ditemukannya Integrated Circuit (IC) sebagai pengganti transistor. IC ditemukan oleh Insinyur listrik bernama Jack Kilby yang berasal dari Texas. Pada masa ini sebuah transistor dapat dikembangkan dan dibuat menjadi lebih kecil sehingga transistor dapat dipasang bersamaan dengan komponen lainnya pada sebuah IC.

Satu IC terdiri dari beberapa komponen seperti transistor, resistor dan kapasitor. Temuan Jack Kilby ini membuat komputer menjadi lebih efisien dan lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. Pada masa itu sistem operasi (Operating System) juga sudah mulai ditemukan dan dikembangkan.

Sehingga pada masa itu komputer dapat melakukan tugas dalam waktu bersamaan (Multitasking). Komputer pada masa itu merupakan komputer pertama yang bisa terhubung dengan hardware lainnya seperti mouse atau keyboard. Contoh komputer generasi ketiga diantaranya ada IBM/30, GE 600, UNIVAC 9000 dan UNIVAC 1108.

Komputer Generasi Keempat

Pengertian komputer generasi keempat dan sejarahnya. Inovasi pada generasi ini setelah ditemukannya IC pada generasi sebelumnya yaitu hadirnya produk Large Scale Integration atau disebut dengan LSI. Jadi LSI atau Large Scale Integration itu ialah gabungan dari ribuan IC pada sebuah kepingan yang biasanya disebut dengan CHIP. Dengan adanya pemadatan beribu IC ke dalam sebuah CHIP membuat ukuran komputer semakin kecil. Sehingga semakin dikenal dan digunakan oleh masyarakat umum.

Bukan hanya untuk bisnis saja, namun komputer berkembang di bidang pendidikan dan lainnya. Perkembangan komputer generasi ini tidak lepas dari perusahaan bernama Intel. Karena, perusahaan Intel yang telah membuat CHIP pertama dan diluncurkan pada 1971. Hal ini menjadi awal dari perkembangan mesin komputer yang dulunya bisa berukuran sebesar satu ruangan menjadi hanya segenggam tangan.

Pengguna komputer pada generasi ini mulai berkembang semakin luas. Tidak hanya kaum elit ataupun pebisnis saja, pada generasi ini masyarakat umum sudah banyak membeli dan memiliki komputer. Hingga pada akhirnya muncul sebuah jaringan komputer untuk menghubungkan kelompok bisnis. Pada awalnya jaringan komputer bertujuan agar semakin cepat dalam tukar menukar sebuah informasi antar kelompok bisnis.

Kemudian lahirlah Internet. Perkembangan besar lainnya pada generasi ini adalah muculnya komputer jinjing atau yang biasa disebut dengan laptop yang bisa dibawa kemanapun Anda akan pergi. Semua jenis laptop maupun komputer pada saat ini menjadi produk komputer generasi keempat.

Komputer Generasi Kelima

Pengertian Komputer generasi kelima adalah sebuah komputer yang mempunyai teknologi seperti kecerdasan buatan. Pada saat ini sedang diteliti dan masih dikembangkan secara terus-menerus. Negara yang paling aktif meneliti dan memikirkan teknologi kecerdasan buatan ini adalah Negara Jepang. Bahkan Jepang memiliki laboratorium sendiri dan lembaga khusus yang bertugas untuk menciptakan komputer generasi kelima.

Kemampuan komputer generasi kelima ini diharapkan memiliki kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan manusia lewat input visual. Sehingga dapat merespon kata yang kita ucapkan dan dapat menyesuaikan kondisi yang ada pada sekitarnya.

Manfaat Komputer

PENGERTIAN KOMPUTER Adalah : Fungsi, Jenis, Komponen, Sejarah dan Manfaat Komputer
Manfaat Komputer
Setelah membahas mengenai pengertian komputer sampai dengan perkembanganya. Marilah kita membahas beberapa manfaat dari komputer. Di sini saya akan membahas 10 manfaat komputer. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mempercepat Menyelesaikan Tugas Pelajar dan Pekerja

Bagi seorang pelajar, sebuah tugas di sekolah merupakan hal yang wajib. Mungkin dulu kita harus datang ke perpustakaan untuk mencari beberapa materi agar tugas kita cepat selesai. Semakin berkembangnya zaman, sekarang kita tinggal menggunakan internet untuk mencari materi tugas kita. Begitupun dengan para pekerja kantoran pasti sudah menggunakan komputer.

2. Mempermudah Petugas Kasir

Petugas kasir adalah orang yang bertugas menjalankan proses akhir dari sebuah penjualan atau transaksi. Sering kita jumpai petugas kasir yang menggunakan komputer. Dengan adanya komputer, proses transaksi menjadi lebih cepat. Proses transaksi penjualan yang cepat dan tepat akan menambah kepuasan pelanggan yang datang untuk membeli barang di tempat tersebut.

3. Mempermudah Proses Jual Beli

Transaksi Jual beli sering kita temui diberbagai tempat, seperti pasar, indomaret dan lainnya. Dengan adanya komputer dan internet, Anda bisa mengiklankan produk Anda agar dikenal banyak orang dan tentunya dapat meningkatkan penghasilan Anda. Pada situs jual beli online maka para penjual juga bisa mendapatkan bonus dari penjualan. Jual beli online menurut saya sangat tepat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan usahanya.

4. Mempermudah Administrasi di Desa atau Perkantoran

Inilah pengertian komputer sebagai pengolah data. Untuk melakukan pendataan warga desa. Sekarang ini sudah menggunakan komputer, karena komputer lebih efisien dan akurat. Dalam administrasi desa atau perkantoran, komputer berperan penting untuk membantu pekerjaan pendataan. Menggunakan bantuan aplikasi, tugas untuk mengelola administrasi atau pendataan desa menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Sumber Mata Pencaharian (Peluang Kerja)

Dengan adanya komputer, pasti ada orang yang bertugas untuk meperbaiki komputer yang rusak. Banyak kita jumpai tempat reparasi komputer, tempat jual beli komputer bekas, dan lainnya yang berhubungan dengan komputer. Dengan begitu bisa menjadi sebuah kesempatan bagi para teknisi komputer tatupun penjual komputer untuk mencari uang. Namun tidak semua teknisi bisa bekerja secara professional, karena ada juga para teknisi yang hanya asal-asalan dalam memperbaiki komputer.

6. Mempermudah Pendataan Siswa di Sekolah

Dengan adanya komputer dan sebuah program aplikasi. Sekarang pendataan sudah dikerjakan dengan komputer dan internet, sehingga pendataan siswa di sekolah dapat lebih cepat, tepat dan efisien. Bahkan sekarang ini raport siswa pun bisa dilihat  secara online. Dalam dunia kuliah juga untuk melihat hasil nilai maupun memilih mata pelajaran, kita harus melakukan input data dengan komputer. Jadi untuk sekarang ini setiap warga sekolah maupun instansi harus bisa mengoperasikan komputer.

7. Adanya Warung Internet atau Warnet

Warung internet atau warnet sudah semakin dikenal di masyarakat. Sekitar lima tahun yang lalu warnet sudah mulai menyebar di beberapa tempat. Tidak hanya di daerah perkotaan, namun di daerah desa pun sudah sering kita menjumpai warnet. Dengan adanya warnet dapat menguntungkan pelajar yang belum mempunyai komputer atau laptop sendiri sehingga dapat mengerjakan tugas di warnet.

8. Mempermudah Pekerjaan Kantor

Setiap kantor pasti sudah menggunakan komputer untuk mengerjakan proses administrasi. Sehingga setiap karyawan dituntut harus bisa menggunakan atau mengoperasikan komputer. Adanya komputer membuat pekerjaan kantor lebih cepat selesai, seperti pendataan penjualan dan merancang jadwal rapat.

9. Sarana Hiburan / Penghilang Bosan

Komputer juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa bosan. Karena banyak adanya fasilitas komputer yang dapat menghibur kita seperti mendengarkan sebuah musik, bermain game dan menonton video. Tempat hiburan karaoke yang dulunya menggunakan DVD player, sekarang sudah berubah menggunakan komputer. Karena lebih efektif dan dapat meyimpan lagu lebih banyak.

10. Pendataan Pasien pada Rumah Sakit

Di rumah sakit sekarang sudah menggunakan sebuah aplikasi yang dijalankan di komputer. Adanya aplikasi tersebut dapat membantu lebih mudah untuk melakukan pendataan pasien mulai dari nama, alamat, riwayat kesehatan dan juga keluhan yang sedang dialami. Dengan tujuan agar lebih mudah melakukan pencarian data. Di beberapa rumah sakit sistem pembayarannya juga sudah menggunakan aplikasi di komputer.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian komputer dan peralatannya. Semoga dapat memberikan wawasan kepada Anda yang sedang belajar mengenai pengertian komputer secara lengkap.

Apabila ada pertanyaan mengenai pengertian komputer dan sejarah komputer atau yang masih berhubungan dengan komputer maka Anda bisa meninggalkan komentar dibawah artikel ini. Akan saya usahakan menjawabnya dengan baik.

Post a Comment for "PENGERTIAN KOMPUTER Adalah : Fungsi, Jenis, Komponen, Sejarah dan Manfaat Komputer"