Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Di artikel ini saya akan membahas cara menjadi youtuber secara lengkap. Jika Anda ingin menjadi youtuber maka Anda akan melalui langkah – langkah yang akan saya jelaskan pada artikel ini.

Pada masa saat ini banyak sekali orang yang berlomba - lomba menjadi youtuber. Hal itu dikarenakan penghasilan seorang youtuber bisa dibilang menggiurkan. Karena banyak sekali pengguna youtube setiap harinya. Lalu bagaimana cara menjadi youtuber?

Jika anda ingin menjadi youtuber atau ingin menambah wawasan mengenai dunia youtube maka anda akan menyukai artiel ini.

Yang akan anda pelajari dalam artikel ini adalah :
  • Apa itu youtube?
  • Apa syarat menjadi youtuber
  • Modal jadi youtuber
  • Cara menjadi youtuber
  • Cara mendaftar jadi youtuber
  • Cara membuat akun youtube
  • Cara membuat channel youtube
  • Cara membuat google adsense
  • Cara upload video ke youtube
  • Cara mendapatkan uang dari youtube
  • Berapa gaji youtuber?
  • Tips menjadi youtuber pemula
  • Cara menjadi youtuber terkenal
  • Keuntungan menjadi youtuber
Mari kita ulas satu persatu :

Dasar – dasar Cara Menjadi Youtuber

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Sebelum membahas teknis cara menjadi youtuber, saya akan terangkan terlebih dahulu dasar – dasar cara menjadi youtuber apabila anda akan menjadi seorang youtuber. Hal dasar ini memang seharusnya Anda ketahui supaya Anda tidak bingung dalam mengembangkan channel youtube Anda.

Cara menjadi youtuber agar bisa sukses dan menghasilkan uang itu tidak mudah. Memang harus memiliki ketekunan dalam membuat video dan mengembangkan channel. Memerlukan waktu yang tidak sedikit. Namun hasil yang akan didapat juga menggiurkan apabila Anda berhasil dalam membangun channel.

Apa itu Youtube?

YouTube adalah situs berbagi video gratis yang memudahkan pengguna untuk menonton video secara online. Pengguna bahkan dapat membuat dan mengunggah video sendiri untuk dibagikan dengan orang lain. Youtube awalnya dibuat di tahun 2005, YouTube sekarang menjadi salah satu situs paling populer di web, dengan pengunjung yang menonton sekitar 6 miliar jam video setiap bulan.

Salah satu alasan YouTube begitu populer adalah banyaknya jumlah video yang dapat Anda temukan. Rata-rata, 100 video diunggah ke YouTube setiap menitnya, jadi selalu ada hal baru untuk ditonton. Dan Anda akan menemukan semua jenis video di YouTube mulai dari hewan yang menggemaskan, demo memasak, pelajaran atau ilmu, video lucu, tips & trik, dan masih banyak lagi.

Apa syarat menjadi youtuber?

Cara menjadi youtuber yang bisa menghasilkan uang ada beberapa syarat. Sebenarnya setiap orang bisa menjadi youtuber asalkan mempunyai niat dan bisa membuat konten video. Mulai dari anak – anak sampai orang tua bisa saja menjadi seorang youtuber.

Yang jelas Anda harus mempunyai akun youtube dan upload video. Namun apabila Anda ingin tau cara mendapatkan uang dari youtube. Anda harus memenuhi beberapa syarat menjadi youtuber agar channel youtubemu bisa mendapatkan uang dari Program Partner youtube lewat Google Adsense.

Persyaratan menjadi youtuber agar bisa menghasilkan uang dari Adsense antara lain :
  1. Harus mempunyai 1000 Subscriber
  2. Harus memenuhi 4000 jam tayang
  3. Konten harus original buatan sendiri
Itulah syarat menjadi youtuber agar bisa mengajukan program partner dan bisa menghasilkan uang. Namun selain dari Adsense, youtube juga bisa menghasilkan uang dengan cara mempromosikan product dan jasa atau dengan program afiliate marketing.

Modal jadi Youtuber

Jika Anda youtuber pemula maka modal jadi youtuber pemula yang dibutuhkan adalah niat, kemauan, konsisten dan beberapa modal peralatan seperti hp. Jadi youtuber modal hp sangat mungkin sekali dikarenakan hp sudah bisa digunakan untuk beberapa fungsi, seperti merekam video, edit video, edit gambar untuk thumbnail dan mengupload video di youtube. Semua bisa dilakukan hanya menggunakan hp.

Lalu bagaimana cara menjadi youtuber pemula modal hp? Yang pastinya Anda harus mempunyai beberapa aplikasi seperti aplikasi edit video, edit gambar dan aplikasi youtube. Aplikasi tersebut sudah bisa digunakan untuk membuat konten video. Setelah mungkin Anda mempunyai modal dan ingin membeli alat seperti kamera atau laptop maka anda bisa dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan Anda dalam membuat konten video.

Jadi intinya selain peralatan seperti hp, modal jadi youtuber yang paling utama adalah niat dan konsisten. Karena konsisten dalam membuat video itu tidak mudah terlebih apabila Anda memulai youtube dari 0. Dimana pada saat channel Anda belum di monetisasi, Anda belum mendapatkan uang dari youtube.

Tahapan Cara Menjadi Youtuber

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Pada point ini akan saya bahas cara menjadi youtuber mulai dari awal membuat akun sampai dengan menghasilkan uang. Banyak sekali youtubers yang belum mengetahui urutan untuk membangun sebuah channel. Disini akan saya jelaskan secara singkat bagaimana cara menjadi youtuber mulai dari awal.

Untuk penjelasan yang lebih detail mungkin akan saya bahas dalam artikel selanjutnya. Pada pembahasan ini akan saya bahas mengenai hal yang memang harus diketahui apabila akan menjadi youtuber. Bagaimanakah cara menjadi youtuber yang bisa menghasilkan? Begini penjelasan caranya.

Cara Menjadi Youtuber

Bagaimana cara menjadi youtuber? Ada beberapa tahapan cara menjadi youtuber secara umum. Banyak yang masih bingung atau mungkin masih belum mengerti dunia youtube. Namun bagi sebagian orang mungkin sudah paham dan bahkan sudah bisa menghasilkan uang dari menjadi youtuber.

Adapun tahapan cara menjadi youtuber sebagai berikut :

1. Membuat Channel Youtube

Cara menjadi youtuber yang pertama adalah Anda harus membuat channel youtube dengan menggunakan Gmail. Untuk membuat alamat Gmail dan channel juga bisa dilakukan hanya menggunakan HP. Setelah membuat Channel Youtube maka aturlah channel Anda sebagus mungkin. Mulai dari foto banner, deskripsi channel dan berikan nama channel yang mudah untuk di ingat.

2. Menentukan Konsep Konten

Konsep konten atau niche channel merupakan tema dari Channel Anda. Contoh nya channelmu akan membahas mengenai game, tutorial, kecantikan atau musik. Semua harus ditentukan terlebih dahulu. Akan lebih bagus apabila channelmu membahas tema khusus. Apabila channelmu akan membahas musik maka jangan dicampur dengan konten memasak. Apabila anda ingin suatu hal yang berbeda maka setidaknya masih relevan dengan tema musik.

3. Persiapkan Peralatan

Untuk peralatan tidak harus dengan peralatan mahal. Anda bisa menggunakan hp android untuk merekam video dan mengedit video. Fitur pada hp android sudah cukup lengkap. Namun apabila Anda ingin hasil yang maksimal, Anda bisa membeli kamera atau mungkin laptop untuk mengedit video. Semua bisa disesuikan dengan kebutuhan.

4. Konsisten dalam Upload Video

Anda harus konsisten dalam upload video dan mengembangkan channel youtubemu. Jangan jadi youtuber pemalas. Anda harus rutin dalam upload video. Akan lebih bagus jika upload video secara terjadwal. Hal tersebut akan membuat subscriber tidak merasa menunggu karena dengan rutin upload video secara terjadwal, penonton sudah hafal kapan waktunya Anda upload video.

5. Edit video sebelum upload

Akan lebih bagus apabila video dari hasil rekaman di edit terlebih dahulu. Jangan video hasil rekam langsung di upload begitu saja tanpa di edit terlebih dahulu. Itu akan menyebabkan kualitas video mu menjadi kurang bagus. Editlah sesuai dengan kreatifitas Anda. Dengan kualitas video yang bagus dan menarik akan membawa penonton yang banyak kedalam channelmu.

6. Maksimalkan SEO dalam setiap upload video

Mengoptimasi video dengan SEO ini juga bagus untuk videomu agar videomu mudah ditemukan orang dan menghasilkan traffic atau penonton. Dengan mengoptimasi video maka videomu akan semakin mudah ditemukan dimesin pencarian youtube.

7. Dapatkan uang dari adsense

Setelah Anda memenuhi syarat jadi youtuber yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang maka Anda bisa mengajukan partner program agar video dapat menampilkan iklan dan bisa mendapatkan penghasilan.

8. Berteman dengan konten creator lainnya

Tujuannya adalah agar Anda youtuber pemula bisa mendapatkan ilmu baru dan bisa berkolaborasi untuk membuat konten. Apabila teman Anda sudah mempunyai banyak subscriber, dengan berkolaborasi bisa mendongkrak channel untuk lebih banyak lagi penontonnya. Sekarang banyak juga para artis menjadi youtuber dan mereka juga berkolaborasi untuk membuat konten.

9. Jangan jadi youtuber yang sombong

Anda harus bisa berinteraksi dengan subscriber, seperti contoh apabila ada yang memberikan komentar di videomu maka sebisa mungkin Anda membalas dan menanggapi, agar subscribermu bisa lebih tertarik dengan channelmu dan selalu menunggu kontenmu.

Cara Mendaftar Menjadi Youtuber

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Untuk menjadi seorang youtuber maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara membuat akun Gmail. Dengan akun Gmail tersebut Anda bisa gunakan untuk mendaftar menjadi youtuber.

Cara mendaftar akun Gmail : 
  • Kunjungi alamat www.gmail.com pada web browser atau pada aplikasi web browser di hp Anda.
  • Selanjutnya klik create an account, maka akan muncul form data diri.
  • Isilah data diri Anda dengan lengkap. Pada isian setelah nama, Anda bisa memilih nama untuk username sesuai dengan keinginan.
  • Jika terdapat tulisan “That username is taken” dan tulisan “Try another”. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda inginkan. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka ataupun mengganti keseluruhan username tersebut agar tidak sama dengan orang lain.
  • Selanjutnya isilah kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  • Kemudian klik Next Step, lalu akan muncul agreement atau kotak persyaratan, klik pada “I Agree”.
  • Selesai. Anda sekarang telah memiliki akun Gmail.
Setelah Anda membuat akun Gmail maka Anda sudah bisa untuk membuat akun youtube. Akun Gmail ini tidak hanya berfungsi untuk mengirim Email saja. Namun juga bisa digunakan untuk membuat akun youtube dan untuk membuat akun google adsense.

Cara membuat akun youtube

Setelah selesai dengan membuat akun gmail maka Anda bisa langsung membuat akun youtube. Membuat akun youtube bisa dengan menggunakan hp ataupun dengan menggunakan komputer. Bisa disesuikan dengan peralatan yang Anda punya.

Cara membuat akun youtube sebagai berikut :
  • Buka situs www.youtube.com di web browser ataupun pada aplikasi youtube di hp Anda dan login dengan akun Google atau Gmail Anda.
  • Dengan begitu maka Anda sudah memiliki akun youtube
Setelah selesai membuat akun youtube maka Anda bisa melihat video yang ada di youtube. Namun, Anda belum mempunyai Channel Youtube pribadi untuk mengupload video. Apabila Anda ingin menjadi youtuber maka Anda harus membuat channel terlebih dahulu.

Cara membuat channel youtube

Setelah selesai membuat akun youtube maka langkah selanjutnya adalah membuat channel youtube. Agar Anda bisa mengupload video dan bisa menghasilkan uang dari youtube.

Cara membuat channel youtube sebagai berikut :
  • Pertama buka situs www.youtube.com kemudian login dengan akun Google atau Gmail Anda.
  • Selanjutnya buka daftar channel. 
  • Klik Buat channel baru kemudian Isilah detail channel baru tersebut mulai dari nama, deskripsi, dan pengaturan lainnya. 
  • Selanjutnya Verifikasi akun Anda kemudian Klik Selesai.
  • Channel Anda sudah selesai dibuat.
Setelah selesai membuat Channel maka langkah selanjutnya Anda harus mengatur Channel mulai dari deskripsi channel, foto untuk header channel dan lainnya. Agar channel Anda siap untuk dilihat orang banyak. Asumsikan channel Anda itu sebagai sebuah toko. Buat Channel sebagus mungkin. Agar orang lain tertarik dan betah berlama - lama di channel Anda.

Cara membuat Google Adsense

Cara menjadi youtuber selain dengan mempunyai Channel langkah selanjutnya adalah dengan mempunyai akun google adsense. Dimana google adsense youtube tersebut berfungsi untuk menghasilkan uang dari channel youtube Anda.

Untuk membuat akun google adsense sebenarnya bisa dibuat pada saat pengajuan monetisasi channel. Namun untuk kali ini saya akun memberikan cara membuat google adsense sebelum melakukan permohonan monetisasi. Akun google adsense ini bisa juga digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blog ataupun web.

Cara membuat google adsense sebagai berikut :

  • Pertama buka halaman https://www.google.com/adsense/start.
  • Kemudian Klik Daftar sekarang.
  • Langkah selanjutnya masukkan URL situs Anda yang ingin Anda tampilkan iklannya. Ini bisa di isi dengan URL situs Blogger, YouTube, atau partner host lainnya
  • Selanjutnya Klik Simpan dan lanjutkan.
  • Lalu Login ke Akun Google.
  • Selanjutnya Pilih Negara atau wilayah Anda.
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense. Anda harus wajib setujui Persyaratan dan Ketentuan Adsense.
  • Selanjutnya Klik Buat akun.
  • Anda kini telah berhasil login ke akun AdSense yang baru Anda buat.
Seperti yang sudah saya bahas tadi bahwa Akun google adsense tersebut bisa digunakan juga untuk blogger ataupun web. Jadi tidak hanya digunakan untuk youtube saja. Namun apabila Anda tidak tertarik dengan blogger maka Anda bisa mengabaikannya saja. Fokuslah pada Youtube.

Cara upload video ke youtube

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Setelah selesai mengikuti beberapa langkah diatas maka cara menjadi youtuber selanjutnya adalah mengupload video ke youtube. Mengupload video ke youtube tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari judul, deskripsi dan waktu untuk upload video ke youtube. Kali ini saya akan memberikan cara upload video ke youtube.

Caranya sebagai berikut :

  • Pertama Login ke channel Anda di aplikasi YouTube maupun web browser.
  • Kemudian pada bagian atas aplikasi, ketuk icon kamera .
  • Selanjutya rekam  video baru atau pilihlah video yang sudah Anda buat dari galeri Anda.
  • Selanjutnya berikan judul (max 100 karakter) dan deskripsi (max 5.000 karakter) ke dalam video Anda.
  • Lalu Anda bisa menggunakan penyempurnaan seperti Tambahkan filter ke video Anda atau fitur lainnya. (Jika tidak perlu maka lewati saja).
  • Klik Berikutnya untuk memulai mengupload video Anda.
  • Selanjutnya buka studio youtube. Setelah proses upload video selesai maka Anda bisa menetapkan setelan penonton video Anda.
Setelah selesai mengupload video maka Anda bisa mempromosikan video melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Anda juga bisa membagikan dalam grup facebook maupun grup whatsapp yang relevan dengan niche video yang Anda bahas. Jangan membagikan video Anda pada grup yang tidak ada sangkut pautnya dengan video yang Anda buat.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Setelah Anda konsisten mengupload video dan Anda sudah memenuhi syarat menjadi youtuber seperti yang saya jelaskan diatas tadi, maka langkah selanjutnya Anda bisa mendaftar program partner youtube agar channel Anda bisa menghasilkan uang dari iklan adsense yang tayang dalam video Anda.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa untuk mendapatkan uang dari youtube tidak hanya dengan google adsense saja. Ada cara lain dengan cara berjualan product, affiliate marketing dan lainnya.

Namun yang paling banyak digunakan adalah dengan iklan adsense. Dimana setiap tayangan iklan adsense di video akan mendapatkan uang sesuai dengan ketentuan google adsense. Jika channel sudah mempunyai banyak subscriber maka bisa menghasilkan uang dengan cara endorse atau mempromosikan product orang lain.

Berapa gaji youtuber?

Mungkin banyak yang penasaran berapa gaji youtuber. Terkadang sampai bisa membeli barang mewah dan mungkin ada yang bisa digunakan liburan ke luar negri. Jika youtuber menghasilkan uang dari adsense maka yang diperlukan agar gaji dari youtube banyak adalah dengan meningkatkan viewer dalam video.

Mengapa begitu? Karena penghasilannya dihitung dari berapa kali iklan adsense ditayangkan dalam video Anda. Semakin banyak ditayangkan maka akan semakin banyak juga penghasilannya.

Apabila video ditonton di luar negeri maka harga setiap tayangan iklan juga akan berbeda dengan tayangan iklan di Indonesia. Ada caranya bagaimana agar video bisa ditonton di luar negri.

Untuk youtuber yang viewernya kisaran puluhan ribu bisa diperkirakan penghasilannya hampir 2 jutaan setiap bulan. Apabila yang viewernya sudah jutaan maka penghasilannya juga bisa sampai ratusan juta hanya dari youtube saja.

Cara Menjadi Youtuber Sukses agar Menghasilkan Uang

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Dibawah ini saya akan sedikit membahas cara menjadi youtuber sukses yang bisa menghasilkan uang. Beberapa point dibawah ini mungkin bisa menambah wawasan Anda dalam membangun channel youtube. Agar Anda tidak salah langkah dalam mengembangkan channel maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips menjadi youtuber pemula

Cara menjadi youtuber sukses ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengembangkan channel. Dimana menjadi youtuber yang bisa menghasilkan uang itu sangat di inginkan banyak orang. Karena hasil yang akan didapat juga banyak.

Tips nya adalah sebagai berikut :
  • Buatlah nama channel yang mudah dihafal
  • Atur channel semenarik mungkin
  • Pilihlah tema atau niche channel yang banyak dicari orang
  • Buatlah video yang berkualitas
  • Promosikan channel ke sosial media
  • Konsisten dalam upload video
  • Optimasi SEO youtube
  • Jangan sombong dengan subscriber
  • Perbanyak ilmu tentang youtube
  • Semangat dalam mengembangkan channel
Dengan beberapa tips diatas maka akan membuat Anda sedikit lebih mengerti dunia youtube. Dengan begitu Anda akan lebih mempersiapkan diri untuk menjadi youtuber. Segala sesuatu memang perlu perjuangan dan proses untuk membuahkan hasil yang maksimal.

Banyak youtuber yang memulainya dari bawah dan bisa sukses untuk menghasilkan uang. Apabila Anda memang serius ingin menjadi youtuber maka Anda harus banyak belajar mengenai youtube. Tidak hanya dengan cara pembuatan video namun juga pelajari bagaimana algoritma youtube. Agar bisa mengoptimasi channel dan video Anda.

Cara menjadi youtuber terkenal

Menjadi youtuber terkenal memang diinginkan semua para youtuber. Banyak sekali orang bisa terkenal namun bukan dari kalangan artis. Tetapi dari youtube atau video yang mereka buat. Apabila video yang dibuat berkualitas dan banyak disukai orang maka secara otomatis youtuber tersebut akan dikenal banyak orang.

Lalu bagaimana cara menjadi youtuber terkenal? Langkah yang pertama adalah buat konten yang memang berkarakter dan unik. Pembentukan karakter atau branding dalam youtube sangatlah penting. Dengan ke unikan yang bisa kita ciptakan akan membuat orang banyak mengenal kita.

Dimana karakter tersebut akan menjadi identitas kita sebagai youtuber. Apapun niche video yang Anda bahas dalam channel Anda, usahakan Anda mempunyai karakter yang unik dalam channel tersebut.

Lalu yang selanjutnya adalah bangunlah branding Anda di sosial media. Sosial media sangat membantu untuk membuat Anda terkenal. Karena banyak sekali pengguna sosial media dan penyebaran informasi dalam media sosial sangatlah cepat. Dimana banyak sekali hal hal yang viral dalam beberapa hari hanya dengan mengandalkan media sosial.

Yang pastinya sebelum Anda melakukan kedua hal tersebut Anda harus membuat video yang benar benar berkualitas dan bisa menarik banyak orang. Jangan membuat video yang hanya asal-asalan ataupun video reupload dari channel orang lain. Itu tidak akan lolos untuk monetisasi atau tidak lolos untuk mendapatkan iklan.

Keuntungan Menjadi Youtuber

Cara Menjadi Youtuber Sukses yang Menghasilkan Uang
Menjadi youtuber memang mempunyai beberapa keuntungan. Dengan begitu banyak sekali orang yang mencoba menjadi youtuber. Namun hanya sedikit orang yang bisa dikatakan berhasil dan sukses menjadi youtuber. Sisanya mungkin menyerah dan memilih untuk mundur. Karena menjadi youtuber perlu ketekunan dan konsistensi yang tidak mudah. Namun Anda harus mengetahui keuntungannya agar Anda bisa semangat lagi untuk mengembangkan channel youtube Anda sekarang.

Keuntungan menjadi youtuber adalah sebagai berikut :
  • Bisa menjadi terkenal
  • Mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan
  • Bisa memberikan manfaat terhadap orang lain
  • Bisa mendapatkan teman baru
  • Tidak terikat dengan peraturan perusahaan
  • Bisa dikerjakan kapanpun
  • Bisa mencurahkan kreasi
Dengan beberapa keuntungan diatas mungkin bisa membuat Anda untuk memutuskan tetap ingin menjadi youtuber atau ingin berhenti saja menjadi youtuber. Jika Anda memang ingin menjadi youtuber maka Anda harus melewati prosesnya dengan senang hati.

Kesimpulan

Cara menjadi youtuber memang tidaklah mudah. Namun apabila Anda mempunyai keinginan yang kuat dan niat yang kuat, segala prosesnya akan bisa Anda lalui. Pada intinya menjadi youtuber memang memerlukan peralatan teknis yang tidak murah. Namun yang paling terpenting dalam menjadi youtuber adalah KONTEN. Ada orang yang bilang KONTEN IS KING. Maka buatlah konten sebagus mungkin agar Anda menjadi youtuber sukses dan terkenal.

Penutup

Demikianlah penjelasan cara menjadi youtuber yang mungkin bisa sedikit menambah wawasan Anda dalam memulai membuat youtube. Semoga Anda bisa sukses di dunia youtube dan bisa membahagiakan orang disekitar Anda.

Apabila ada pertanyaan mengenai bagaimana cara menjadi youtuber. Anda bisa memberikan komentar dibawah artikel ini. Saya akan menjawabnya sebaik mungkin.