Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian RAM dan ROM : Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya

Pengertian RAM dan ROM : Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya

Pengertian RAM dan ROM

Apa pengertian RAM dan ROM? Kedua sebutan ini digunakan dalam bidang teknologi informasi selaku media penyimpanan data komputer/pc. Tetapi, pengertian kedua sebutan ini sesungguhnya berbeda.

Pengertian RAM adalah suatu hardware di dalam komputer/pc yang berperan selaku tempat penyimpanan data sementara seperti (memori) serta bermacam instruksi program.

Isi didalam sebuah RAM bisa diakses secara acak/tidak tergantung pada tata letak pengaturannya. Data di dalam RAM bisa lenyap kala komputer/pc dinon - aktifkan ataupun energi listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

Kapasitas RAM di dalam sesuatu komputer/pc mempengaruhi pada tingkatan kecepatan proses data ataupun loading di komputer/pc tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, serta melaksanakan program, akan menjadi cepat sesuai dengan besarnya kapasitas RAM komputer/pc tersebut.

Fungsi RAM

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM dan ROM di atas, fungsi RAM secara umum ialah untuk membaca serta menaruh data. Berikut penjelasannya :

1. Membaca Data

Seluruh informasi serta data yang ditaruh di dalam harddisk bisa dibuka dengan lebih cepat sebab adanya peran dari RAM komputer/pc.

Coba bandingkan kecepatan loading membuka file ataupun program dikala pertamakali diakses dengan dikala file ataupun program tersebut sudah dibuka sebelumnya. Dikala program ataupun file dibuka, maka data akan dibaca serta ditaruh dalam RAM sementara sehingga lebih cepat dibuka kembali kala komputer/pc belum di- shutdown.

2. Penyimpanan Sementara

RAM pula bisa berperan selaku tempat penyimpanan data sementara dikala program di dalam komputer/pc lagi dijalankan. Jadi, kala kita mengerjakan sesuatu, misalnya membuat makalah, maka sebuah komputer/pc akan menyimpan data sementara.

Tetapi, data tersebut wajib ditaruh secara permanen agar menghindari terbentuknya kerusakan file ataupun kehilangan file sebab hal – hal yang tidak terduga. Misalnya listrik padam ataupun lonjakan arus listrik yang tidak normal.

Jenis- Jenis RAM

Pengertian RAM dan ROM : Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya
Sebelum lanjut membahas pengertian RAM dan ROM marilah kita kenali dahulu jenis – jenis RAM. Berikut ini merupakan sebagian jenis RAM :

1. Dynamic RAM (D RAM)

Dynamic RAM merupakan tipe RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala supaya data - data yang terdapat di dalamnya tidak hilang/lenyap.

2. SD RAM

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) merupakan RAM lanjutan dari DRAM tetapi sudah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Biasanya SDRAM lebih cepat dan pesat dibanding DRAM.

3. DDR RAM

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) ataupun kerap diucap dengan DDR saja, ialah tipe RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. DDR RAM pula mempunyai generasi terupdate/terbaru, yaitu DDR2 serta DDR3 serta kemungkinan generasi tersebut akan terus berlanjut.

4. RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) merupakan tipe RAM yang proses kerjanya lebih cepat serta biasanya lebih mahal dari SD RAM. Tipe SD RAM digunakan pada sebuah komputer/pc yang memakai Pentium 4.

5. S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) merupakan tipe RAM yang bisa menaruh data di dalamnya tanpa wajib terdapat penyegaran/refresh dari CPU. Tipe RAM ini proses kerjanya lebih cepat dibandingkan dari D RAM serta SD RAM.

6. EDO RAM

EDO RAM (Extended Informasi Out Random Access Memory) merupakan tipe RAM yang digunakan pada sebuah perangkat dengan OS Pentium. Tipe memori ini bisa melaksanakan proses penyimpanan serta mengambil informasi dalam waktu yang bersamaan.

Pengertian ROM

Pengertian RAM dan ROM : Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya
Lanjut membahas pengertian RAM dan ROM. Pengertian ROM (Read Only Memory) merupakan tipe memori ataupun tempat penyimpanan data di dalam sebuah perangkat komputer/pc yang sifatnya permanen sehingga tidak gampang berubah ataupun hilang/lenyap meski komputer/pc seketika mati.

ROM tercantum dalam kelompok perangkat keras komputer/pc berbentuk chip memori semi konduktor dimana isinya cuma dapat dibaca saja apalagi buat menaruh data pada ROM dapat dibilang tidak gampang. Umumnya ROM berisi program - program yang default dari pabrik sehingga biasanya digunakan buat menaruh firmware.

Cara Kerja ROM

Sesuai dengan pengertian RAM dan ROM (Read Only Memory) diatas, prinsip kerja ROM dalam sebuah perangkat komputer/pc sesungguhnya sangat simpel. Biasanya Owner dari perangkat komputer atau PC akan memasukkan beberapa data yang berbentuk aplikasi atau software bawaan (default) dari pabrik ke dalam sebuah chip ROM.

Berikutnya data dalam ROM akan ditaruh secara permanen serta tidak bisa dihapus jadi output device. Perlu Anda ketahui, bahwa Anda tidak dapat mengotak - atik isi pada ROM serta ROM cuma dapat diisi sekali saja sepanjang saat digunakan.

Fungsi ROM (Read Only Memory)

Setelah membahas pengertian RAM dan ROM, marilah kita bahas Fungsi ROM. Selaku media penyimpanan, ROM berperan buat menaruh firmware berbentuk perangkat lunak (software). Sebuah perangkat lunak atau software yang biasanya mengisi ROM yang berhubungan dengan perangkat keras (hardware) yaitu semacam ROM BIOS (Basic Input Output System).

Sebuah BIOS (Basic Input Output System) dapat menyala secara otomatis dikala komputer atau PC dinyalakan tanpa perlu mengaktifkan media penyimpanan seperti pada sistem memori yang lain semacam RAM (Random Acces Memory). Sehingga kecepatan aksesnya, sebuah ROM (Read Only Memory) bisa dibilang lebih cepat daripada media penyimpanan lain.

Pada perangkat komputer/pc modern, BIOS ditaruh dalam suatu chip ROM dimana secara elektrik bisa ditulis ulang ataupun dinamakan flash ROM.

Jenis - Jenis ROM

Untuk melengkapi artikel pengertian RAM dan ROM ini, marilah kita bahas Jenis - jenis ROM. Sebab sifatnya yang tidak gampang diubah serta tidak gampang hilang semacam yang dipaparkan dalam pengertian ROM (Read Only Memory), maka sistem penyimpanan di ROM pada masa sekarang ini kerap dijadikan alternatif industri buat menaruh dokumen rahasia ataupun dokumen penting. Sebagian tipe ROM yang umum digunakan antara lain :

1. Stock ROM

Ini ialah tipe ROM bawaan dari sistem operasi (dalam wujud default) serta belum memperoleh modifikasi.

Stock ROM berisi fungsi serta tampilan yang masih standar pabrik serta belum banyak modifikasi dari pengembang. Umumnya tipe ROM ini ditemui pada Apple IOS serta Palm’ s WebOS.

2. Custom ROM

Buat tipe ROM satu ini sangat sesuai digunakan menaruh data - data penting industri sebab sifatnya yang dapat di customisasi ataupun dimodifikasi sendiri. Custom ROM memanglah kerap digunakan oleh pengembang independen yang gemar/hobby dalam mengotak - atik perangkat komputer/pc.

Custom ROM ini dibesarkan secara langsung dari Google beserta OS yang dimilikinya yang pula banyak dijiumpai pada fitur Android.

3. Manufacturer ataupun Carrier Stock ROM

Tipe yang ketiga ini dapat pula disebut dengan Carrier Stock ROM dimana telah memperoleh pergantian dari pabrik ataupun operator jaringan.

Pergantian pada ROM semacam ini bertujuan untuk penambahan akumulasi custom pada aplikasi. Sehingga tipe ROM ini tidak sering ditemui pada sebuah perangkat Komputer, serta kebalikannya lebih kerap diaplikasikan pada perangkat Android.

Penutup

Nah, jadi seperti itu pembahasan tentang pengertian RAM dan ROM beserta fungsi RAM dan ROM dan jenis - jenisnya. Mudah – mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya.