Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Harddisk : Fungsi, Komponen & Jenis - jenis Harddisk

Pengertian Harddisk : Fungsi, Komponen & Jenis - jenis Harddisk

Pengertian Harddisk

Dalam postingan ini saya akan mangulas pengertian harddisk. Sebuah perangkat komputer terdiri dari banyak komponen, serta tiap – tiap komponen tersebut mempunyai fungsi tertentu. Seperti terdapat sebuah cakram keras ataupun biasa disebut harddisk.

Harddisk mempunyai nama lain yaitu hard drive. Nah, dalam postingan ini marilah kita membahas tentang apa itu harddisk? mulai dari pengertian hardisk, fungsi, komponen serta jenis - jenis harddisk.

Pengertian Harddisk adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menaruh/menyimpan data pada komputer/pc. Seluruh data yang terdapat dalam komputer/pc baik itu dokumen, gambar/foto, data sistem, OS dan aplikasi akan tersimpan dalam perangkat keras ini.

Hard Disk Drive  (HDD) ataupun biasa kita sebut dengan hardisk, menyediakan ruang spesial buat menaruh/menyimpan serta membaca data. Perangkat ini adalah perangkat non-volatile memory yang berarti data-data yang kita simpan didalam hardisk tidak hilang walaupun komputer/pc dimatikan.

Ini berbeda dengan Penyimpanan RAM dalam komputer/pc, dimana seluruh data yang tersimpan pada RAM akan hilang/terhapus kala komputer/pc dalam keadaan off.

Fungsi Harddisk

Setelah membahas pengertian harddisk, marilah selanjutnya membahas fungsi harddisk. Berikut sebagian fungsi pokok dari harddisk tersebut :

1. Menyimpan File Dalam Berbagai Format

Fungsi utama dari suatu harddisk merupakan buat menyimpan file kepunyaan pengguna, brainware ataupun user. Peran yang sangat vital tersebut dibarengi dengan kemampuannya menampung file dalam berbagai format ataupun tipe/jenis.

Biasanya, para pengguna menaruh file berbasis doc (dokumen), mkv (video), mp3 (musik), serta dokumen - dokumen virtual yang lain. Sebab sangat pentingnya penyimpanan ini, HD seakan jadi nyawa para pengguna komputer/pc.

2. Selaku Ruang Menyimpan Data

Nyaris seluruh orang mengerti dengan fungsi umum dari harddisk ini, ialah buat menaruh database. Apa itu basis data? Basis data ialah elemen utama dalam sebuah sistem komputer/pc.

Database ditaruh pada HD di komputer/pc serta jadi pusat akses data untuk user ataupun client lain. 

3. Menaruh/menyimpan Data Untuk Aplikasi serta Software

Para pengguna komputer/pc kerap menambah ataupun menginstal aplikasi serta software pendukung. Nah, HD pula berperan selaku media penyimpanan file ataupun data yang berasal dari aplikasi- aplikasi tadi.

Harus Anda perhatikan, suatu harddisk wajib mempunyai kapasitas yang sangat besar buat menampung software serta aplikasi yang berat. Kuantitas dari aplikasi yang terpasang juga akan mempengaruhi kinerja harddisk.

4. Fasilitas Back- up

Sebagian orang menggunakan HD selaku media penyimpanan file - file yang dianggap penting. Maksudnya, Anda bisa menduplikasi dokumen serta data dan menyimpannya pada banyak tempat termasuk HD.

5. Menyimpan Data dari Operating Sistem

Suatu Operating System semacam Windows ataupun yang lain memerlukan ruang yang lumayan besar buat meletakkan file & data. Tanpa suatu harddisk, OS takkan berjalan dengan lancar di komputer/pc.

Komponen Harddisk

Pengertian Harddisk : Fungsi, Komponen & Jenis - jenis Harddisk
Sesuai dengan pengertian harddisk, suatu hardisk pasti mempunyai sebagian komponen penting serta bekerja bersamaan agar dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa komponen dari harddisk :

1. Dudukan

Nama lain komponen ini ialah chassis. Gunanya untuk wadah ataupun tempat dari komponen serta bagian yang lain. Seluruh bagian tadi dirangkai jadi satu unit sehingga bisa berjalan dengan normal.

2. Saringan

Cocok dengan namanya, saringan ataupun filter jadi suatu komponen yang bertugas buat menyaring udara di dalam ruang harddisk. Tujuannya merupakan agar menghindari debu biar tidak mempengaruhi kinerja dari hardisk itu sendiri.

3. Piringan

Nama lain dari komponen ini merupakan platter. Sesuai dengan pengertian harddisk sebagai penyimpan data. Piringan HD menyerupai piring tipis serta mempunyai susunan bermedan magnet. Dengan perangkat piringan ini, piringan sanggup menaruh/menyimpan file ataupun data. Terdapat sebagian komponen sekunder di dalamnya. Seperti cluster, track, sector, serta cylinder.

4. Motor Servo

Suatu motor drive yang merupakan komponen penting pada suatu harddisk. Gunanya merupakan buat menggerakkan piringan pada poros yang ada. Komponen ini juga berperan buat mengendalikan kecepatan putaran. Kecepatan pada piringan hardisk tersebut diberi nama rpm ataupun rotasi per menit.

5. Tungkai

Nama formal komponen ini ialah access arm. Gunanya adalah untuk memegang & menggerakkan sebuah komponen bernama read write head ke segala permukaan piringan ataupun ke platter.

6. Kepala Baca

Read - write head ialah komponen ataupun suatu mekanisme yang berperan untuk menulis serta membaca data dari ataupun ke platter. Perangkat ini pula bermanfaat buat mengganti sinyal magnetic jadi sinyal digit.

7. Aktuator

Di dalam suatu harddisk, Anda akan menemukan sebuah magnet buatan & magnet permanen. Keduanya berperan buat mengendalikan speed ataupun kecepatan pergerakan kepala baca dikala menulis ataupun membaca.

8. Pengatur Kepala

Suatu head controller pada hardisk berperan buat mengatur kepala HDD agar dapat membaca serta menulis data secara baik. Fungsi lain adalah menguatkan sinyal yang diterima ataupun diberi oleh kepala tersebut.

9. Komponen Papan

Suatu board/papan pada harddisk ialah suatu sirkuit elektronik serta berperan buat mengendalikan kinerja dari suatu harddisk. Tidak hanya itu, komponen ini berperan mengecek ataupun mengetahui konfigurasi yang berjalan.

Sistem ini pula mempunyai tugas buat mengendalikan keluar masuknya data dari ataupun ke motherboard komputer/pc.

10. Pengatur Disk

Suatu komponen bernama disc controller berperan buat mengendalikan seluruh elemen yang terdapat di hardisk. Tidak hanya itu, ini bermanfaat selaku penghubung antar elemen yang terletak di dalam disk.

Sebelum lanjut kebagian Penutup dari artikel pengertian harddisk ini, marilah sedikit kita membahas Jenis/Tipe Harddisk. 

Jenis - jenis Harddisk

Pengertian Harddisk : Fungsi, Komponen & Jenis - jenis Harddisk
Pada bagian terakhir artikel pengertian harddisk ini adalah Jenis – jenis harddisk. Beberapa jenis – jenis harddsik diantaranya sebagai berikut :

1. Harddisk Konvensional

Jenis yang sangat umum adalah harddisk konvensional. Anda bisa menemukan hardisk ini di pasaran dengan berbagai ukuran/kapasitas. Sesuai dengan pengertian harddisk yang sudah dibahas diatas tadi, Harddisk jenis ini terdapat suatu piringan cakram yang berperan buat menaruh data di dalamnya.

Kelemahan yang sangat signifikan pada harddisk jenis ini ialah daya tahan ataupun durabilitas. Ini diakibatkan komponen utama pada HDD ini akan berputar kala menyalin serta membaca suatu data.

Dari segi kelebihan, HD konvensional cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan jenis lain. Tidak hanya itu, Anda bisa memperolehnya secara gampang di pasaran.

2. Solid State Drive (SSD)

Jenis harddisk kedua yang terkenal digunakan oleh warga luas merupakan SSD ataupun solid state drive. Dari segi konstruksi ataupun komponen, jenis ini tidak memakai piringan ataupun cakram.

Kemudian, teknologi apa yang digunakan? Pada HD SSD, terdapat suatu chip yang berperan selaku ruang penyimpanan. Dilihat dari segi fungsinya, sistem penyimpanan SDD ini mirip dengan flashdisk atau USB flash drive.

Alhasil, kinerjanya tidak bising dan tidak mengganggu pengguna. Tidak hanya itu, performa dalam menyalin serta membaca data lebih stabil dibanding jenis lain.

Tidak seperti pengertian harddisk konvensional diatas, Dari segi kecepatan membaca, kinerja HD SSD lebih cepat. Sehingga proses booting serta startup bisa berjalan lembut & cepat.

Kemudian apa lagi keunggulan harddisk tipe ini? Banyak orang memilihnya karena durabilitasnya. Hardisk ini lebih tahan lama serta sanggup menahan getaran ataupun kendala yang lain.

Penutup

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian harddisk, fungsi harddisk, komponen harddisk & jenis - jenis hardisk. Mudah - mudahan Anda dapat memahami lebih jauh tentang hardware komputer/pc yang sering Anda jumpai.