Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Power Supply : Fungsi, Jenis, Komponen dan Cara Kerja Power Supply

Pengertian Power Supply : Fungsi, Jenis, Komponen dan Cara Kerja Power Supply

Pengertian Power Supply Adalah

Apa itu power supply? Pengertian Power Supply adalah salah satu hardware di dalam fitur komputer/pc yang berfungsi untuk membagikan suplai energi/daya. Umumnya komponen power supplay ini dapat ditemui pada chasing komputer/pc dan mempunyai bentuk persegi.

Pada dasarnya Power Supply memerlukan sumber listrik yang akan diganti jadi tenaga/energi yang menggerakkan perengkat elektronik. Sistem kerjanya lumayan simpel yaitu dengan mengganti energi 120V ke dalam wujud aliran dengan daya yang cocok dengan kebutuhan komponen - komponen tersebut.

Sesuai dengan pengertian power supply pada komputer/pc, fungsi utama pada power supply adalah untuk mengganti arus AC jadi arus DC yang setelah itu diganti jadi daya/energi yang diperlukan oleh komponen - komponen pada komputer/pc semacam motherboard, CD Room, Hardisk, serta komponen yang lain.

Bersumber pada rancangannya, power supply bisa diklasifikasikan jadi 2 tipe/jenis, yaitu :

  1. Power Supply/Catu Daya Internal : ialah power supply yang terbuat terintegrasi dengan motherboard ataupun papan rangkaian induk. Contohnya seperti TV, DVD Player dan ampilifier, power supply nya menyatu dengan motherboard.
  2. Power Supply/Catu Daya Eksternal adalah sebuah power supply yang dibuat secara terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contohnya charger Laptop & HP.

Fungsi Power Supply pada Komputer

Dalam bahasa Indonesia, Pengertian Power Supply berarti Sumber Energi/Daya. Fungsi power supply yaitu membagikan energi arus listrik ke bermacam komponen ataupun hardware yang ada di dalam chasing sebuah komputer/pc.

Sumber tenaga listrik yang berasal dari luar masih berupa alternating current (AC). Kala tenaga listrik masuk ke power supply, maka tenaga listrik dikonversi jadi wujud direct current (DC). Energi DC inilah yang setelah itu disalurkan ke seluruh komponen yang terdapat di dalam chasing komputer/pc supaya bisa bekerja.

Salah satu sisi power supply biasanya ada kipas yang bermanfaat buat membuang hawa panas dari dalam chasing komputer/pc. Tidak hanya itu, pada power supply pula ada suatu port male tipe IEC 60320 C14 yang berperan selaku konektor antara sumber tenaga listrik serta power supply.

Jenis - Jenis Power Supply

Setelah membahas pengertian power supply dan fungsinya, marilah kita masuk pada pembahasan Jenis – Jenis Power Supply. Bersumber pada fungsinya, terdapat 2 tipe/jenis power supply yang sering digunakan pada komputer/pc serta keduanya mempunyai perbandingan yang lumayan signifikan. Adapun jenis - jenis power supply tersebut adalah sebagai berikut :

1. Power Supply AT

Pengertian Power Supply : Fungsi, Jenis, Komponen dan Cara Kerja Power Supply
Dapat dibilang ini ialah tipe power supply yang awal kali digunakan pada komputer/pc jaman dahulu semacam pada jenis Pentium II serta Pentium III pada tahun 1997. Sehingga dimasa sekarang ini pemakaian Power Supply AT tidak banyak ditemui pada jenis perangkat komputer/pc yang terbaru.

Ciri – ciri dari power supply AT adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai 8- 12 terminal output yang tersambung pada motherboard komputer.
  • Biasanya hanya mempunyai energi/daya di dibawah 250 watt.
  • Karena tombol power On serta Off tersambung dengan chasing komputer/pc, maka apabila akan mematikannya wajib secara manual pada saat shut down komputer/pc.

2. Power Supply ATX

Pengertian Power Supply : Fungsi, Jenis, Komponen dan Cara Kerja Power Supply
Power Supply ATX ialah pembaruan dari tipe Power Supply AT. Power supply ini mempunyai desain yang lebih kompleks dengan sumber pasokan tenaga listrik yang lebih efektif.

Power Suplly ATX sekarang ini banyak ditemui pada tipe komputer/pc generasi terbaru dimana pengoperasiannya dapat dikontrol dengan aplikasi yang telah terinstal dalam komputer/pc. Sehingga dapat diatur dalam mode semacam mode tidur, mode siaga serta mode dikala komputer/pc dimatikan.

Ciri - ciri Power Suplly ATX adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai 20 hingga 24 terminal output yang terhubungan dengan motherboard.
  • Mengenakan energi/daya yang lebih besar dibanding tipe sebelumnya.
  • Kala Komputer di- shuttdown maka power supply ini akan mati sepenuhnya.

Komponen Power Supply

Mengacu pada pengertian power supply, perangkat keras komputer ini berperan mengganti arus AC jadi arus DC serta menyalurkannya ke bermacam komponen komputer/pc di dalam chasing. Untuk membentuk sebuah tegangan power supply membutuhkan beberapa komponen, adapun komponen tersebut sebagai berikut :

1. Transformator

Ini ialah komponen di dalam Power Supply yang digunakan buat memindahkan tenaga listrik antar 2 rangkaian listrik ataupun lebih lewat induksi elektromagnetik.

2. Dioda

Dioda ini merupakan gabungan dari 2 kata elektroda, yaitu anoda serta katoda. Sifat dari dioda ialah menghantarkan arus pada tegangan maju serta membatasi arus pada aliran tegangan balik.

3. Kapasitor

Kapasitor berperan selaku penyempurna penyerahan dari tegangan yang semula arus AC ke tegangan arus DC.

4. Resistor

Resistor merupakan sebuah perangkat yang menolong Power Supply dalam merendahkan atau menurunkan tegangan, membagi tegangan, serta membatasi arus listrik yang akan masuk, sehingga bisa mengendalikan perangkat keras (hardware) yang terdapat pada motherboard.

5. IC regulator

IC Regulator berperan buat mengendalikan tegangan pada rangkaian elektronika agar senantiasa stabil.

6. LED

LED yang digunakan pada Power Supply merupakan komponen diode semikonduktor yang mempunyai keistimewaan.

Cara Kerja Power Supply

Untuk melengkapi artikel pengertian power supply ini, marilah pada akhir artikel ini kita membahas Cara Kerja Power Supply. Kala pengguna menyalakan power pada komputer/pc, maka sebuah power supply akan melaksanakan pengecekan sebelum menjalakan sistem komputer/pc. Bila pengecekan berjalan dengan baik maka power supply akan mengirimkan sinyal (power good) ke mainboard selaku sebuah tanda kalau sistem komputer/pc siap buat beroperasi.

Berikutnya, power supply ataupun catu daya/energi akan membagi energi sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan tiap - tiap komponen komputer/pc. Tidak hanya menyalurkan energi listrik ke komponen komputer/pc, power supply pula melindungi stabilitas arus listrik pada komponen tersebut.

Dari uraian diatas, maka komponen ini sama pentingnya semacam CPU pada komputer/pc yang kerapkali disebut selaku otak komputer/pc. Bila ada kendala pada power supply, maka hal tersebut akan menimbulkan kendala aliran daya pada komponen komputer/pc.

Baca Juga : Pengertian Software

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian power supply, fungsi power supply, jenis- jenis power supply, dan komponen serta cara kerjanya. Mudah - mudahan artikel ini berguna.